Panitia Pelaksana Siap Gelar Musda Kosgoro Sumbar

Nusantaranews, Padang -- Bursa pimpinan daerah Kosgoro Sumatera Barat diperebutkan, sejumlah nama-nama kandidat yang akan bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu pada Musyawarah Daerah Sumatera Barat yang akan dilangsungkan besok Minggu (27/3) di Pangeran Beach Hotel mulai mengapung. Diantaranya incumbent (Yusman Kasim).

Hal ini dikatakan ketua panitia persiapan Musyawarah Daerah (Musda) Afrizal saat temu ramah diruang kerjanya siang tadi.

“Untuk persiapan perhelatan besok, semuanya telah terakomidir dengan baik, meski ada beberapa yang menyangkut teknis sedang dipersiapkan”. 

Sehubungan tentang adanya kevakuman pada organisasi Kosgoro beberapa waktu lalu, Afrizal mengakui karena tidak adanya pengurus (ketua) harian dalam susunan kepengurusan. Sehingga sewaktu ketua Yusman Kasim, ketika itu juga menjabat Wakil Walikota Padang, disibukan membenahi dan mengurus pemerintahan Kota Padang dengan berbagai rangkaian kegiatan. Sehingga organisasi yang seharusnya dipimpin olehnya rada terbengkalai.

Sedangkan pendelegasian untuk melimpahkan kewenangan kepada pengurus lainpun tidak ada, karena belum adanya pengurus atau ketua harian yang terbentuk ketika itu. Akibatnya organisasi seperti kehilangan induk.

Maka pada Musda kali ini, para pengurus sepakat akan membentuk ketua harian yang dapat mengambil alih atau menerima delegasi dari pimpinan daerah untuk mengakomodir jalannya organisasi. Dengan demikian organisasi tetap berjalan meski pimpinan daerah sibuk.

Terkait adanya dualisme pada tubuh Kosgoro, Afrizal mengakui, memang dahulu ada dua versi Kosgoro, yaitu Kosgoro 1957 dan Kosgoro Independent.  Akantetapi itu tidak menjadi persoalan, karena yang utama disini, apapun bentuknya baik 1957 atau independent yang penting "Kosgoro satu"

Afrizal juga berharap, kepada ketua yang terpilih nantinya agar dapat mensinkronkan antara kepentingan organisasi, pemerintahan maupun pribadi. **

Post a Comment

Previous Post Next Post