Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Tambak Ikan

Nusantaranews, Padang -- Air adalah bahagian yang lepas dari manusia. Karena tanpa air, semua aktifitas takkan bisa berjalan seperti apa yang diinginkan. Oleh karena itu pemerintah kecamatan Lubuk Kilangan dengan letak geografis di hulu air, tidak menyiakan kesempatan. Lahan tidur sekeliling kantor yang ada, digarap dan dikelola menjadi tambak pembibitan ikan, jelas Camat Lubuk Kilangan Mursalim saat temu ramah di ruang kerjanya.

Dia juga mengatakakan banyaknya aliran air di sekitar kantor yang berasal dari PT Sumatex Subur yang belum dimanfaatkan.dengan banyak genangan air terpikirlah oleh mursalim untuk memanfaatkan dengan cara membuat tambak kecil dan di mengisikan bibit bibit ikan nila.yang mana cara perawatan ikan nila tersebut tidak terlalu repot. dan sangat cepat besar dengan waktu bulanan ujar mursalim.

Sekarang masyarakat bersama dengan pihak kecamatan sedang membuat bendungan kecil yang gunananya untuk menghambat kecepatan air lewat. juga menghambat ikan tidak bisa keluar jauh apabila keluar dari tambak.dulu pernah sebelum membuat bendungan, kantor digenangi banjir dan ikan keluar dari kolam yang telah ada sebelum pembuatan tambak.maka itulah pihak kecamatan berbenah untuk membuat tambak agar tidak bobol lagi.

Harapan Mursalim sendiri apa bila tambak ini berhasil, masyarakat yang ada dilinkungan kecamatan lubuk kilangan dapat merasakan keberhasilan dari panen tersebut. dan masyarakat dapat meniru kegiatan kecamatan untuk bertambak ikan.yang berguna untuk peningkatan prekonomian masyarakat yang ada di daerah lubuk kilangan. Aan

Post a Comment

Previous Post Next Post