Irwan Prayitno : “ Pemprov Sumbar Butuh PNS Profesional “

Nusantaranews, Padang -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membutuhkan Pegawai Negeri Sipil yang Profesional guna memberikan pelayanan yang Prima kepada masyarakat dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan melalui optimalisasi berbagai sektor pembangunan di Sumatera Barat. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan Pembekalan Umum bagi Calon PNS Golongan I,  II dan III di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat di Auditorium Gubernuran (1/3/2011).
 
Irwan Prayitno saat membuka Pembekalan tersebut menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan Kepemerintahan Yang Baik (Good Governance) yaitu ;  pemerintah yang taat  hukum, transparan, akuntabel dan partisipatif agar mampu menjawab perubahan yang terjadi pada tataran lokal, nasional, regional maupun global diperlukan penyempurnaan sistem penyelenggaran pemerintahan yang perlu di dukung oleh Aparatur yang Profesional. Untuk mengujudkan aparatur yang Profesional diperlukan suatu wadah pendidikan dan pelatihan (Diklat).

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan bahwa pelaksanaan Diklat Prajabatan bagi Calon PNS yang telah memilih dan menetapkan pekerjaan sebagai Aparatur Pemerintah, harus mengikuti dan lulus dalam Diklat Prajabatan sebagai kompetensi untuk di angkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lebih lanjut disampaikan oleh Irwan Prayitno, Diklat Prajabatan dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebengsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasi agar memiliki kemampuan melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.
 
Gubernur Irwan Prayitno mengharapkan kepada Calon PNS setelah selesai mengikuti Diklat Prajabatan terjadinya perobahan pola pikir dan mind set kearah yang lebih baik, menjadi aparatur yang profesional, sehingga dapat meningkatkan karir dan kinerja baik secara pribadi maupun kinerja organisasi dimana ditugaskan di dalam lingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Barat.
 
Irwan Prayitno dalam kesempatan pembukaan Diklat Prajabatan dihadapan 290 orang peserta tersebut, memaparkan langkah dan upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui program yang sedang dilaksanakan pada saat ini yaitu melakukan pemetaan Potensi Dasar PNS bagi Pejabat Eselon II, III dan IV atau PNS yang sudah Gol IV dan memiliki kualifikasi pendidikan S2, semuanya sudah melalui test potensi dasar tersebut. Data akan  Potensi Dasar terhadap PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat merupakan informasi penting bagi kami untuk menentukan pengembangan karir bagi PNS tersebut, apakah yang bersangkutan akan mendapatkan promosi jabatan, rolling ataupun mutasi, karena kita menyadari terlalu gemuknya jumlah PNS di Lingkungan Pemerintah Sumatera Barat saat ini yang sudah mencapai jumlah lebih kurang 8000 orang PNS. Oleh karenanya Potensi Dasar yang dimiliki oleh masing-masing PNS tersebut lah yang akan menentukan karirnya sendiri pada masa mendatang.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat Hj. Zulfa Tarmina, SH.MPd. menyampaikan ; untuk peningkatan SDM Aparatur di lingkungan pemerintah Sumatera Barat, Badan Diklat mengembangkan Diklat berbasis kompetensi baik untuk program Diklat Prajabatan maupun Diklat dalam jabatan akan dilaksanakan secara kontiniu sesuai dengan arah dan kebijakan pemerintah daerah Sumatera Barat sebagaimana yang yang telah di tuangkan dalam RPJMD Sumatera Barat 2011-2015.
 
Sementara Ketua pelaksana Pembekalan Umum bagi Calon PNS di lingkungan Pemerintah Sumatera Barat H. Wafdi Jamal, SH melaporkan bahwa ; penyelenggaraan Diklat Prajabatan tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan Maret 2011 dengan lama Diklat untuk Gol III 21 hari kerja atau setara dengan 236 Jam dan untuk Gol I dan II masa Diklat 19 hari kerja atau setara 194 jam pelajaran. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post