Padang Pariaman Menuju Reformasi Birokrasi

Nusantaranews, Padangpariaman – Bupati Padangpariaman H. Ali Mukhni seminar sehari menuju reformasi birokrasi dengan Tema “Meningkatkan kualitas Pelayanan Publik dalam kerangka Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman” yang dilaksanakan di gedung Saiyo Sakato Pariaman

Sekretaris Daerah H.Yuen Karnova,SE sebagai ketua panitia pada kesempatan itu menuturkan bahwa dengan latar belakang reformasi birokrasi, pada hakekatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah. Terutama, menyangkut aspek kelembagaan (organisasi), aspek ketatalaksanaan (business process) dan aspek sumberdaya manusia aparatur.

Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Dengan kata lain reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan.

Oleh karena itu harus segera diambil langkah-langkah yang bersifat mendasar, komprehensif, dan sistematis, sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Reformasi disini merupakan proses pembaharuan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, sehingga tidak termasuk upaya/atau tindakan yang bersifat radikal dan revolusioner.

Inti yang melatar belakangi reformasi birokrasi adalah maraknya Praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) masih berlangsung. Tingkat kualitas pelayanan publik yang belum mampu memenuhi harapan publik dan tingkat efesiensi, efektivitas dan produktifitas yang belum optimal dari birokrasi pemerintah, tingkat trasparansi dan akuntabilitas birokrasi pemerintah yang masih rendah dan Tingkat disiplin dan etos kerja aparatur yang masih rendah.

Dengan demikian maka akan membangun atau membentuk profil atau perilaku aparatur dengan integritas tinggi, produktivitas tinggi dan bertanggungjawab. Sehinga memberikan pelayanan yang prima, ujar H Yuen Karnova.SE..

Sebagai peserta seluruh pimpinan SKPD, Camat dan Para Pejabat eselon III dan IV, dengan Narasumber Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Prof.DR.H. Djohermansyah Djohan, dengan judul penguatan Kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah serta Deputi Bidang Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur Kementrian Negara Pan dan Reformasi Birokrasi Ir. Herry Yana Sutisna, M.Si. dengan judul peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. Junaidi

Post a Comment

Previous Post Next Post