Buah Pisang Tersembul Di Pusar Pohon

Nusantaranews, Sitiung -- Warga Sitiung gempar, sebatang pohon pisang milik petani, orang tua dari Danang Mardiyanto berbuah dipusar. Padahal dihari sebelumnya, tidak ada tanda-tanda bahwa pohon pisang itu mengeluarkan tunas atau buah, ungkap Danang dengan wajah heran.

Sambil memperbaiki posisi duduk, Danangpun bercerita. Malam itu, seluruh penduduk kampung Blok D
Jorong I Sitiung I, yang masyarakatnya mayoritas dari pulau Jawa sedang merayakan malam satu Syuro. Yaitu, begadang semalam suntuk dengan membiarkan jendela maupun pintu rumah terbuka lebar. “ini merupakan tradisi turun temurun kami yang asli dari Pulau Jawa”. Pagi menjelang, Danang beserta orang tua dan ponakannya (Divo) tidak langsung istirahat. Karena mereka harus memotong pohon durian dibelakang rumah yang akan dijadikan kayu. 

Jelang siang, pohon durian yang dipotongpun selesai, sembari melepas penat, iapun menyuruh Divo pulang kerumah. Karena batang pohon hanya tinggal dipotong dengan mesin Senso saja, sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. “nduk, pulang dulu untuk istirahat yaa, ntar kalau ada keperluan paman akan panggil kembali”. Jelasnya.

Sekitaran 2 menit berjalan, tiba-tiba Divo berpaling memanggil sambil teriak, “kakek, paman !! coba lihat, pohon pisang kita telah berbuah,”. Dengan wajah keheranan, Ia pun menatap orangtuanya minta jawaban. Pasalnya, sewaktu melintasi pohon pisang itu pagi tadi, mereka bersama-sama tidak melihat pohon itu berbuah. Ia bersama orangtua pun sama-sama heran, kemudian mendekati pohon pisang yang jaraknya lebih kurang 10 meter dari pohon durian yang telah dipotong.

Ternyata benar, pohon pisang itu telah berbuah, tetapi ada yang aneh, tandan pisangnya menyembul dari pusar pohon. Divopun setelah memangil, berlalu kerumah dan memberitahu orangtuanya. Entah siapa yang memberi tahu, kabar kenehan itu telah menyebar ketetangga. Sehingga penduduk sekitar telah berduyun-duyun menyaksikan kenehan itu. Urainya.

Kita berharap, mudah-mudahan keanehan ini bukan pertanda buruk, tetapi dapat membawa berkah bagi kampung ini, pintanya. redaksi

Post a Comment

Previous Post Next Post