In Memoriam Eddy Hartawan (2)

Tinggal Kenangan

“Pembela Kedaulatan Bangsa yang Tiada Duanya..”
Oleh: Ecevit Demirel*

Sekarang, sosok fenomenal yang semasa hidupnya dikenal pemberani, kontroversial dan pantang menyerah itu tinggal kenangan. Eddy Hartawan, sang pembela kedaulatan NKRI itu telah meninggalkan bumi pertiwi. Ia menghadap Sang Khaliq pada hari Minggu 3 Oktober 2010 sekitar pukul 07.20, setelah menjalani perawatan selama lebih kurang tiga hari menjalani perawatan di RS Omni International, Tangerang, Banten. Almarhum dimakamkan di Taman Pemakalam Sandiego Hills, Karawang, Jawa Barat, Selasa (5/10/2010). Innaalillahi Wa Innailahi Raajiuun.

Si “ Abang”, demikian sapaan akrab mendiang, telah beristirahat dengan tenang. Namun, semangat dan cita-citanya mempersatukan NKRI dari Sabang sampai Merauke kekal dan abadi dalam setiap derap langkah “Laskar Merah Putih Sejati”.

Air mata tak terbendung tatkala para sahabat dan handai taulan dari beragam suku, ras dan agama mengetahui kepergiannya yang begitu tiba-tiba. Segenap anggota Laskar Merah Putih dari Sabang sampai Merauke tersentak, seakan tak rela melepas kepergian sosok yang selama ini menjadi panutan dan senantiasa memberikan motivasi dan menularkan semangat nasionalisme begitu cepat menghadap Illahi.

Penghisap rokok Djarum Super itu berpulang dalam usia 58 tahun. Kepergiannya begitu di luar dugaan, sementara Laskar Merah Putih sebagai karya besar yang didirikan dan dirintis bersama sejumlah sahabat seperti Letnan Jenderal (Purn) Sutiyoso alias “ Bang Yos” dan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu masih membutuhkan sentuhan tangan dingin dan gemblengannya. Banyak pihak menyatakan, sosok Eddy Hartawan tak ada duanya. Belum ada sosok putra bangsa dari kalangan sipil yang mampu menyamai, atau setidaknya mengimbangi semangat, keberanian dan loyalitasnya terhadap bangsa dan negara. bersambung..................

Penulis adalah Ketua Laskar Merah Putih Sumatera Barat,
tulisan merupakan petikan dari berbagai sumber

Post a Comment

Previous Post Next Post