Wako Padang, DR. Fauzi Bahar, M.Si

PESANTREN RAMADHAN MAHKOTA DI WAKTU SUBUH

Walikota Padang, DR. H. Fauzi Bahar, M.Si mengevaluasi pelaksanaan Pasantern Ramadhan tahun 2010, karena tidak begitu bergairah, kurang motivasi dan dorongan dari para guru-guru serta para orang rua kepada anak-anak yang mengikuti didikan Pasantren Ramadhan di Masjid dan Mushalla di Kota Padang. Maka itu, semua kegiatan pesantren Ramadhan, apel akbar Pasantren Ramadhan di pusatkan waktu subuh, dengan melakukan pengambilan absen dari anak didikan dan begitu juga para guru-guru. Bersama anak-anak didik untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah. Pasantren ramadhan bukan untuk mempelajari agama saja, tapi sangat di tekankan keberadaannya yaitu Trening Center, penggemblengan atau pencuplukan anak untuk dapat mendisiplin diri berdasarkan nilai-nilai agama akan lebih melekat dan menonjol pada dirinya nanti, bila anak-anak sudah tumbuh dewasa, tentu dapat menerapkan kehidupan yang berbeda dengan anak yang tak pernah di pasantrenkan. Ujar Walikota Padang DR.H. Fauzi Bahar, M.Si di Palanta rumah dinas jalan A. Yani Padang, Selasa (24/8).

Fauzi Bahar mengingatkan Kepala Sekolah dan guru-guru serta panitia Pesantren Ramadhan, jangan lemahkan dan kendorkan semangat pelaksanaan pasantren ramadhan, buat anak didik kita, karena bagi dunia pendidikan di bulan ramadhan tidak ada yang libur, tapi di Kota Padang memindahkan anak-anak belajar di sekolah ke Masjid dan Mushalla, selama bulan ramadhan.

Di samping itu, para kepala sekolah dan guru-guru diminta jangan pernah berpikir melonggarkan pasantren ramadhan, apalagi berusaha untuk tidak mengadakannya, kalau dapat di umpamakan anak pasantren ramadhan sebuah tunas muda yang baru tumbuh begitu rawan dan mudah patah, makanya perlu di jaga dan dirawat serta dilindungi sampai tunas ini menjadi ranting dan kuat. Seperti itulah harapan kita kepada anak-anak yang trening center dan digamleng dengan pasantern ramadhan.

Jadi disini sangat perlu peran dan peranan guru dalam membimbing dan mengarahan anak-anak pasantren untuk melaksanakan shalat subuh di Masjid atau Mushalla karena waktu subuhlah Allah menurunkan rezki, dan bangun waktu subuhlah Allah menjamin orang masuk sorga. Subuhlah sebagai perisai (pelindung), sebuhlah sebagai saksi, subuhlah ukuran seorang yang beriman. Subuh lebih baik dari bumi dengan segala seisi isnya.

Maka itu, didikan subuh pasantren ramadhan adalah mahkota waktu subuh, apel besar pasantren diadakan waktu subuh dan ambil absen anak-anak pasantren dan guru-guru juga waktu subuh, dengan tujuan agar kita semua meramaikan waktu subuh dengan shalat berjamaah di Masjid dan Mushalla di sekitar tempat tinggal masing-masing. hms/red

Post a Comment

Previous Post Next Post