Group Tari Nan Jombang Diundang ke Empat Negara Bagian Australia

Dalam menumbuhkembangkan semangat kesenian rakyat, kita perlu membuat jadwal penampilan group kesenian daerah sebagai promosi pariwisata Sumbar secara bergilir. Untuk itu kita perlu memberi kesempatan potensi kesenian di setiap kabupaten dan kota untuk dapat tampil dalam berbagai kegiatan promosi kesenian di pemprov Sumbar.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno, saat menerima dan melepas keberangkatan Group Tari Nan Jombang Dance Company dibawah pimpinan dan koreografer Ery Mefri diruang kerja Gubernur, Kamis siang ( 19/8). Ikut mendampingi Wakil Gubernur Muslim Kasim, Kabiro Humas dan Protokol Surya Budhi, SH serta Presiden Padang Pers Clup Kairul Jasmi.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyampaikan, dengan penampilan secara bergilir tersebut akan membuka peluang bagi group kesenian di daerah untuk berinovasi, berkreatifitas mengembangkan kesenian tari di daerah masing-masing. Kita berharap pergiliran penampilan group kesenian ini, akan menambah kasanah group kesenian yang telah ada, seperti Group Tari Satampang Baniah, Indojati, Syofyani dan Nan Jombang.

Kedepan kita berharapkan banyak tumbuh group-group tari dan kesenian yang mampu mandiri dan profresional dibidangnya. Untuk kegiatan seperti ini kita akan mencoba merencanakannya didalam kegiatan Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Provinsi Sumatera Barat.

Kita berharap group kesenian dari Sumbar ini dapat dikirim dan diundang oleh berbagai negara dalam berbagai event kesenian baik tingkat nasional maupun internasional. Apa yang dialami oleh Group Tari Nan Jombang saat ini, cukup baik dan patut kita acungkan jempol, diundang dihargai biaya dari panitia penyelenggaraa Australia , katanyaEry Mefri dalam kesempatan itu menyampaikan, keberangkan group kesenian Nan Jombang ke Australia ini merupakan undang empat negara bahagian dalam festival penampilan kesenian internasional di Darwin, Cairns , Brisbane dan Adelaide . Kami ingin pamit ke Gubernur Sumbar karena meninggalkan Ranah Minang untuk waktu yang cukup lama juga 22 Agustus hingga 25 September 2010.

Dalam keberangkatan ini kami berjumlah 6 orang. Group yang telah berusia lebih 27 tahun akan terus mengembangan tarian kotemporer yang didasari oleh karakter tari minang gerakan silat. Kami merasa senang dan bangga dapat diterima Gubernur Irwan Prayitno dan Wagub Muslim Kasim diruang kerja yang sangat sederhana dengan penuh kekeluargaan, katanya.

Post a Comment

Previous Post Next Post