Kondisi 154 Naskah Kuno Museum Laga Ligo Sulsel Memprihatinkan

Perawatan dan pelestarian koleksi Naskah kuno yang merupakan salah satu aset budaya daerah, belum bisa terealisasi dengan baik di Museum Laga Ligo Sulawesi Selatan. Sehingga keberadaan koleksi 30 naskah kuno dan 124 naskah lainnya sangat riskan akan terjadinya kerusakan. Ketika dikonfirmasi perawatan dan pelestarian koleksi naskah kuno kepada Kurator Naskah Museum Laga Ligo Sulsel Purnawati mengatakan tempat penyimpanan koleksi naskah masih di lemari kayu, Sedangkan sesuai tata caranya, koleksi naskah tersebut seharusnya disimpan di lemari besi.

Ditambahkannya ruang penyimpanan di Museum Laga Ligo belum memiliki ruang ber-Ac. Sehingga pihaknya sangat mengkhawatirkan akan naskah-naskah tersebut, dan diharapkan pemerintah provinsi maupn daerah bisa mewujudkan kekurangan akan sarana tempat penyimpanan naskah yang bersejarah itu.

Kepala UPTD Museum Laga Ligo Nuryadin sewaktu diminta tanggapannya berjanji, pihaknya dalam waktu dekat akan segera membuat tempat penyimpanan koleksi naskah yang layak. “kedepan, pihaknya akan tetap membuat program kegiatan penyelamatan naskah, dimana program tersebut akan kita ajukan kepada pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dan pemerintah pusat. Dengan harapan adanya perhatian khusus untuk keberadaan 154 koleksi naskah kuno. chris

**Koresponden Nusantaranesw di Makasar**


Post a Comment

Previous Post Next Post