Bupati Aceh Timur tinjau pasar tua di Kota Idi


Teks Foto:
Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, SH, melihat bangunan tua yang kumuh dan tak layak huni di Kota Idi, Kabupaten Aceh Timur, Senin 24 Juni 2019.
Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib, SH, meninjau salah satu parit yang rusak dan tersumbat dengan sampah pertokoan di Kota Idi, Kabupaten Aceh Timur, Senin 24 Juni 2019. Foto(ist)

Aceh Timur-NusantaraNews,Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, SH, didampingi sejumlah pimpinan OPD terkait meninjau pasar tua di Kota Idi, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Senin 24 Juni 2019, pagi.
Hadirnya orang nomor satu tersebut juga didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Timur, Ir. Mahyuddin. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Aceh Timur, Iskandar SH. Kepala Satpol-PP&WH Aceh Timur, T. Amran, SE, MM,  Plt. Kepala Badan Keuangan, Kekayaan Daerah (BKKD) Aceh Timur, Zulfikar, SE, dan Camat Idi Rayeuk, Iswandi, S.Sos.

Selain melihat kondisi pasar sayur dan pasar kelontong, Bupati Aceh Timur juga mengingatkan kembali kepada pedagang disana untuk mengosongkan kios dan toko tak layak huni tersebut sesuai dengan himbauan sebelumnya. "Kondisi pasar yang sudah tua ini sama sekali tidak layak dihuni, bahkan terkesan kumuh, karena sebagian sudah tidak dihuni lagi," kata H. Hasballah HM.Thaib.

Disisi lain, lanjut bupati, bangunan yang usianya diatas 30 tahun tersebut juga berpotensi rubuh dan menjadi ancaman keselamatan terhadap pedagang serta pengunjung pasar. Bahkan hak pakai sebagian bangunan yang belum dirubuhkan tersebut juga telah melewati batas 7 tahun yang silam.

"Pemerintah telah mengingatkan berulangkali agar bangunan ini segera dikosongkan dan pindah ke lokasi yang telah disiapkan, baik pedagang sayur atau pedagang lainnya, karena kondisi bangunan sudah sangat mengancam keselamatan pengunjung pasar," ujar H. Hasballah HM.Thaib.

Ditambahkannya, setelah dirubuhkan nantinya pemerintah setempat akan membangun kembali bangunan berlantai tiga untuk pedagang setempat. "Bangunan berlantai tiga yang akan kita bangun tahun ini juga kita berikan untuk pedagang, namun modelnya sejenis mall mini yang diberi nama Idi Town Square," ujar H. Hasballah HM.Thaib.

Usai meninjau pasar, orang nomor satu di Aceh Timur juga melihat sejumlah parit jalan yang sumbat dengan sampah toko. Selain mengingatkan pedagang membuang sampah ditempat yang telah disediakan, pemilik toko juga diingatkan agar menjaga kebersihan, sehingga Kota Idi yang letaknya di jantung perkotaan benar-benar terlihat bersih dan tertib.

"Mari kita sama-sama menjaga kebersihan kota, sehingga Ibukota Aceh Timur ini nyaman dikunjungi dan tidak semrawut," ujar H. Hasballah HM.Thaib. (*).
Previous Post Next Post