Pasaman - nusantaranews.net,

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat untuk meningkatkan berbagai fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Pratama Padang Gelugur.

Kepala BPJS Kesehatan Pasaman, Syafrudin mengatakan hal ini untuk memudahkan pasien BPJS Kesehatan dalam berobat di RS Pratama tersebut tanpa harus dirujuk lagi ke RSUD Lubuk Sikaping.

Sebab kata Syafrudin Rumah Sakit Pratama Padang Gelugur saat ini tak lebih dari seperti sebuah Puskesmas yang hanya bisa melayani pasien umum kemudian merujuknya ke RSUD Lubuk Sikaping.

"Kemudian kami juga berharap kepada Pemda agar Rumah Sakit Pratama ini ditingkatkan dari Type D menjadi rumah sakit kelas C yang ada dokter spesialisnya. Sehingga bisa melayani masyarakat Pantura secara full tanpa harus datang lagi ke RSUD Lubuk Sikaping,"kata Syafrudin kepada nusantaranews.net, Selasa {25/06/2019}.

Menurut Syafrudin pasien BPJS Kesehatan rata-rata banyak yang datang dari daerah Panti, Tapus, dan Rao (Pantura) yang bakal berobat.
Untuk saat ini saja kata dia ada 9.153 jiwa peserta BPJS Kesehatan sudah terdaftar di RS Pratama Padang Gelugur.

"Untuk saat ini RS Pratama hanya bisa melayani pasien dengan tenaga dokter umum. Sementara pasien yang sakit parah dan memerlukan pemerikaaan dokter spesialis harus dirujuk ke RSUD Lubuk Sikaping. Diantaranya hingga saat ini RS Pratama belum memiliki Ambulans, mesin antrian, dan jaringan internet masih memakai modem seadanya,"katanya.

RS Pratama kata dia saat ini hanya didukung oleh fasilitas kesehatan berupa alat-alat kesehatan dan obat.

"Kemudian mempercepat proses akreditasinya. Jadi nantinya pasien tidak lagi membludak ke RSUD Lubuk Sikaping,"tutupnya.{ In Psm }
 
Top