Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 0319/Mentawai bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sumatera Barat serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Mentawai, memberikan Inseminasi Buatan (IB) pada sapi di Kepulauan Mentawai, Rabu (27/2).

84 ekor sapi diberikan IB dan di cek kesehatan terhadap hewan sapi sapi milik kelompok tani di tiga desa di Kecamatan Sipora Utara, diantaranya Desa Sipora Jaya, Desa Bukit Pamewa dan Desa Sido Makmur.

Kegiatan pemberian IB tersebut dalam rangka menyemarakkan TMMD Ke-104 di Mentawai bersama Pemda setempat dalam program Gebyar Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWB), dimana selain pemberian IB, pihaknya juga memberikan vitamin, pemeriksaan kebuntingan, sinkronisasi birahi dan penanganan gangguan reproduksi pada sapi. 

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Dandim 0319 Mentawai yang diwakili Danramil Kecamatan Sipora Selatan Kapten Inf J. Sihaloho dan Pasiter Kodim 0319 Mentawai Kapten Inf Syarial, Kabid Produksi Peternakan Provinsi Sumbar Diarmajadi, Sekretaris Dispangtan Mentawai Hatisama Hura, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan Mentawai Zakirman dan para peternak sapi yang datang membawa sapi untuk diberi IB. 

 
Top