Aceh Timur-Nusantaranews, Pengukuhan dan pelantikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Masyrakat Perangi Korupsi (GMPK) KabupatenAceh Timur, Aceh Utara, Aceh Besar dan Banda Aceh dengan tema Bersama GMPK Mengawal Kabupaten/Kota Di Aceh Tanpa Korupsi,oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Masyrakat Perangi Korupsi (GMPK) Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samad Rianto, MM. P. Hd, bertempat di Aula serbaguna Pendopo Bupati Aceh Timur, Jln. Peutua Husen, Gp. Jawa, Kec. Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur hari ini 21/1/2019.
diantara hadir para tamu undangan diantaranya,Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMPK Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samad Rianto, MM. P. Hd,Ketua DPPGMPK Provinsi Aceh Muhammad Irfan
Wakil Bupati Aceh Timur Syarul Bin Samaun Kasdim 0104/Atim a.n. Mayor Inf Abdul Muthaleb.T,Kapolres Aceh Timur di wakili Waka Polsek Polres Aceh Timur,Ipda Elizar,Staf KPK RI Bidang Pendikan Masyarakat Ranang Handoko,Komisioner Bawaslu Aceh Timur  Musliadi, SE,Ka BNN Langsa Kompol H. Anwar,Ketua DPD dan Pengurus GMPK 

Sambutan panitia pelaksana oleh
Pelantikan hari ini merupakan perjalanan panjang yang kita lalui dalam pembentukan GMPK adapun rangkaian kegiatan kita dengan susunan acara pagi ini yaitu pelantikan para Ketua DPD GMPK. 
Sedangkan untuk jam 14.00 Wib, acara di lanjutkan seminar yang di ikuti Camat, Kepala Desa aparat gampung se Kabupaten Aceh Timur. 

Pelantikan pengurus DPD GMPK Kabupaten Aceh Timur, Aceh Utara, Aceh Besar dan Banda Aceh oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMPK, Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samad Rianto, MM. P. Hd,Pembacaan fakta Integritas di pandu oleh Ketua DPPGMPK Aceh Timur a.n. Khaidir, SE yang di ikuti pengurus yang di lantik,Penanda tanganan fakta Integritas yang di tanda tangani bersama oleh Ketua DPD GMPK dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMPK, Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samad Rianto, MM. P. Hd,Pelantikan Ketua DPD GMPK oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMPK, Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samad Rianto, MM. P. Hd di lanjutkan foto bersama 

Sambutan oleh Ketua DPP GMPK Aceh Timur, Khaidir, SE ,Alhamdulillah hari kami dari 4 (Empat)  Kabupaten /Kota baru saja di lantik hal ini di lakukan karena panggilan dari hati nurani rakyat karena banyak kasus korupsi, tugas GMPK dalam pembrantasan korupsi bekerja sama dengan aparat penegak hukum,Untuk mencegah terjadinya korupsi sehingga kami bersemboyan dalam pelantikan ini "Aceh Timur Bereh Korupsi No" semoga semboyan ini dapat terlaksana dalam pelaksanaan kami ke depan dalam membantu pemberantasan korupsi di Aceh dan Khususnya Aceh Timur. 

kata kata Sambutan juga disampaikan oleh Ketua DPP GMPK Provinsi Aceh Muhammad Irfan,Perlu saya sampaikan GMPK ini pertama kali di bentuk pada bulan Nopember 2013 di Jakarta, GMPK adalah suatu gerakan moral yang melibatkan anak muda dalam bidang pembrantasan korupsi kita di sini ketahui bersama anggaran Aceh sangat besar jadi jangan sampai anggaran tersebut tidak terealisasi ke masyrakat dan terjadi penggelapan yang menimbulkan korupsi,Kita menjadi GMPK bukan kita harus menakut nakuti pemerintah Aceh dengan label GMPK kita, lalu mendatangi Dinas minta proyek,kerja kita GMPK di sini melalui kerjasama dengan intansi terkait agar jangan sampai terjadi korupsi di Aceh.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Aceh Timur, Syarul Bin Samaun,Pembentukan lembaga GMPK ini gemanya sangat besar tapi yang korupsi bukan masyrakat tapi para pejabat mulai dari Presiden, Mentri Gubernur, Bupati/Wakil Bupati bapak Kapolres Bapak Dandim mereka semua di pilih sebgai aparat yang akan mensejahterakan rakyat tapi bila ada salah satu dari mereka korupsi maka kapan negara kita ini akan maju dan sejahtera, oleh itu kita dapat memberantas yang namanya korupsi, berhenti bila pimpinan pemerintahan tidak korupsi, contoh minta proyek di intansi pemerintahan tidak di kasih langsung di cari kesalahan terjadilah kasus korupsi di badan anggaran pelelangan proyek tersebut,oleh sebab itu jangan sampai ada pandangan dengan pelantikan GMPK di Aceh Timur ini seolah - olah Aceh Timur sarangnya  korupsi, tapi perlu bapak/ibu ketahui pemerintah Kabupaten Aceh Timur mendapat penghargaan dari BPK RI dalam bidang pengelolaan anggaran APBK. 

Jangan anda yang baru di lantik GMPK memamfaatkan lembaga ini sebagai pencari sumbangan ke intansi pemerintah, tapi mamfaatkan GMPK ini untuk membrantas korupsi di Aceh dan khususnya wilayah Kabupaten Aceh Timur dalam hal ini saya sampaikan kepada para pengurus GMPK yang baru di lantik. 

Sambutan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMPK, Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samad Rianto, MM. P. Hd,Di bentuknya GMPK ini karena banyaknya permintaan dari masyrakat tentang maraknya kasus korupsi,mulai tingkat pemerintahan pusat maupun tingkat Desa seperti adanya korupsi dana ADG yang di gelapkan oleh aparat pengelola dana  Desa yang terjadi di negara kita,Mengapa korupsi ini masih merajalela semua itu karena kebiasaan,  jadi hal ini terjadi akibat efek dari zaman penjajahan Belanda dengan sistim dagang yang di namakan VOC, jadi peninggalan penjajah hingga sekarang masih melekat di bangsa kita sekarang, ini yang perlu diperhatikan.

Tugas GMPK adalah bila di temukan korupsi di lapangan tugasnya hanya melaporkan, jangan kita mengambil tindakan sendiri dengan melakukan penangkapan, hal ini jangan sampai terulang kesalahan yang sama seperti  terjadi di Kalimantan anggota GMPK melakukan penangkapan terhadap pimpinan daerah dengan memvonis  pejabat daerah tersebut Korupsi padahal hal tersebut belum tentu kebenaranya sehingga anggota GMPK di sana di tuntut balik dengan tuduhan pencemaran nama baik,Kita di sini GMPK sebagai pengamat di bidang Epoleksos budhankam, bila di lapangan kita temui adanya penyelewengan yang berindikasi dan mengarah ke korupsi  agar segera di laporkan kepada pihak penegak hukum , kepada GMPK yang baru di lantik saya ucapkan selamat bekerja dan sukses. 

Adapun nama - nama 4 (Empat)  Pengurus GMPK Kabupaten/Kota  yang di lantik hari ini digedung serbaguna Pendopo antaraya
Kabupaten Aceh Timur (GMPK ke 113) Khaidir, SE,Aceh Utara (GMPK ke 114) Muhammad Jais,Aceh Besar (GMPK ke 115)Muzakir Banda Aceh (GMPK ke 116)Nanda Rezeky

Acara selesai pukul 12.40 Wib, dalam keadaan aman dan tertib,Acara di lanjutkan seminar pukul 14.00 Wib, dengan pemateri di antaranya,Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMPK,Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samad Rianto, MM. P. Hd,Staf KPK RI Bidang Pendidikan Masyarakat Ranang Handoko Demikian.(Hasbi Abubakar)
 
Top