N3, Tarakan - Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII, Asosiasi Pemerintah   Kota  Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2028 di buka dengan resmi oleh Drektur Jendral Otonomi Daerah DR. Sumarsono di Hotel Plaza Tarakan Provinsi Kalimatan  Utara   Rabu (25/7). di Tarakan Plaza.

Sumarsono dalam kata sambutannya mengatakan hendaknya Rakernas ke XIII  Apeksi  2018 di Tarakan dapat sebagai alat penyatu Walikota Se- Indonesia untuk saling memajukan sebuah kota dengan kota lainnya yang  ada di Nusantara.

"Rakernas Apeksi yaitu pertemuan seluruh Walikota atau sebuah Forum  Walikota di Nusantara ini, tentu hendaknya dapat membawa sebuah perubahan  kebaikan  untuk masyarakat di negeri tercinta ini kedepannya" sebut Sumarsono.

lebih jauh Sumarsono menekankan kerja sama daerah dalam mensejahterakan rakyat, ini merupakan sebuah mekanisme pemerintah daerah dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan, Sebutnya.

Sebagaimana di atur Undang-Undang no. 32 Tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah dalam pasal 363 sampai 369, UU No. 23/2014 mengatur tentang kerja sama Daerah, ujar Sumarsono.

Ketua Dewan pengurus Apeksi Hj. Airin Rachmi  Diany, SH. MH  Walikota Tangerang Selatan  
Selanjut sambutan Ketua Dewan pengurus Apeksi Hj. Airin Rachmi  Diany, SH. MH  Walikota Tangerang Selatan  menyampaikan Rakernas Apeksi merupakan forum  satu tahunan  untuk menganalisa dan mengevaluasi kegiatan Apeksi. dari Forum ini diharapkan tersusun arahan program yang sesuai dengan kebutuhan anggota dan permasalahan yang sedang berkembang.

Airin katakan pada dasarnya  setiap daerah memiliki potensi sekaligus keterbatasan masing-masing, keterbatasan pemerintah daerah di masing-masing wilayah dalam laksanakan pembangunan untuk memenuhi pelayanan publik yang menjangkau ke seluruh masyarakat berpotensi menyebabkan ketimpangan hasil pembangunan. sebutnya.

Dalam praktek seringkali terjadi masyarakat suatu wilayah lebih dekat dan lebih mudah mengakses daerah lain dalam memenuhi kebutuhan dasarnya daripada kewilayahnya  sendiri.

Dalam realitas, masyarakat lebih memilih ke tempat-tempat yang tidak ada memiliki kesulitan terhadap akses transportasi dan perekonomian secara umum. kawasan perkotaan yang relatif telah memiliki sarana dan prasarana infrastruktur yang lebih bagus menghadapi persoalan urbanisasi perkotaan, ujar Airin.

Berangkat dari berbagai permasalahan Apeksi sebagai program strategis menginisiasi Rapat Kerja Nasional ( Rakernas) XIII  Tahun 2018 dengan mengangkat Tema, " PENGUATAN KERJA SAMA ANTAR DAERAH DALAM MENGOPTIMALKAN POTENSI DAERAH".

Airin mari kita Serasikan pembangunan Daerah mensenegiskan potensi antar daerah dan / atau pihak ketiga  serta meningkatkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman stakeholder, teknologi, dan kapasitas pembiayaan melalui kerja sama antar daerah dapat mengurangi kesenjangan  daerah dalam penyediaan infrastruktur sosial yang dapat di gunakan secara bersama-sama, selamat ber - Rakernas semoga Allah memberikan bimbingan  dan hidayah-NYA.

Dok. Walikota Se - Indonesia
 pada Rakernas Apeksi 
di Kota Tarakan
Dalam kesempatan itu, Walikota Tarakan  Sofian Raga mengucapkan terimakasih atas kedatangan Walikota Se - Indonesia ke Kota Tarakan dalam rangka Rakernas ke XIII 2018 Apeksi.

Pertama kali kami ucapkan terima kasih tak terhingga  atas kepercayaan di berikan sebagai tuan rumah  Rakernas XIII 2018 Oleh Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Hj. Airin Rahmi Diary.

Sofian Raga juga sampai kan terima kasih pada warga Tarakan baik yang terlibat langsung maupun yang tidak, telah ikut berfatisivasi mensukseskan segala rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi yang di gelar nantiny dari Tanggal 23 - 28 Juli 2018.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah bersama Walikota Tarakan Sofian Raga.
Sementara itu, Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah memberikan dukungan penuh dan mengapresiasi  di gelarnya Rakernas XIII 2018  Apeksi di Kota Tarakan.

Semoga kedepannya Kota Tarakan lebih maju lagi di segala bidang, rakyatnya hidup sejahtera dan aman serta damai, Tentu kita harapkan hasil dari Rakernas barpihak pada kepentingan publik, terdapat berbagai inovasi untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang di Pimpin Walikota, sebut Mahyeldi. (tf/fs)
 
Top