Nusantara ~ Nggak kaya kota yang cenderung bising dan identik dengan polusi. Hidup dan tinggal di desa terasa lebih sejuk dan menyenangkan. Jauh dari bangunan bertingkat, polusi udara, dan keriuhan bunyi kendaraan yang berlalu lalang.  Di Indonesia sendiri, wilayah pedesaan masih sangat banyak dan luas wilayahnya.

Desa-desa ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia yang masih terjaga asri lingkungannya. Wilayah sebuah desa biasanya juga identik dengan interaksi antar warganya yang hangat dan bersahabat.

Lingkungannya pun rata-rata masih sangat terjaga kebersihannya karena masih ada kegiatan gotong royong seperti kerja bakti setiap beberapa minggu sekali. Bukti bersihnya desa-desa yang ada di Indonesia juga terbukti dari terpilihnya salah satu desa di Indonesia di jajaran 3 desa terbersih di dunia. Seperti dikutip dari Lonely Planet, ini dia tiga desa terbersih di dunia.

1. Desa Giethoorn – (Belanda)

Desa terbersih yang menempati urutan pertama berada di Provinsi Overijseel, Belanda. Desa yang terletak di Kota Steenwijkerland ini juga sering disebut dengan sebutan Little Venice. Berdiri sejak tahun 1230, desa ini memiliki keunikan yang terkait dengan akses masuk ke wilayahnya.
Desa Giethoorn sendiri hanya bisa diakses menggunakan perahu. Nggak ada mobil, atau pun motor yang berkeliaran. Selain perahu, warga lebih terbiasa buat berjalan kaki. Total ada 176 jembatan, taman, dan berbagai tempat indah yang tersebar di desa ini. meskipun hanya dihuni oleh 2.620 warga aja, tiap tahunnya tercatat ada lebih dari 150.000 wisatawan yang berkunjung ke desa ini.

2. Desa Mawlynnong – (India)

Desa Mawlynnong adalah sebuah desa di India yang terletak di distrik East Khasi Hills. Nggak cuma sekali ini desa Mawlynnong berhasil masuk di jajaran desa terbersih. Pada tahun 2003 lalu, desa ini juga pernah menyandang predikat sebagai desa terbersih di Asia. Selain lingkungannya yang bersih, tercatat ada berbagai wisata alam menarik yang tersebar di beberapa sudut desa ini.
Sampai pada tahun 2015 lalu, desa ini tercatat hanya dihuni oleh 500 penduduk yang terbagi jadi 95 keluarga. Para penduduk di desa ini jampir semuanya memiliki profesi sebagai seorang petani taman sirih. Buat menjaga kebersihan, wraga membuat tempat sampah dari bamboo yang kemudian diarahkan ke pit buat dimanfaatkan jadi pupuk. Di desa ini juga dilarang buat merokok dan menggunakan plastik kemasan. Super keren!

3. Desa Panglipuran – (Indonesia)

Wakil membanggakan desa terbersih di dunia asal Indonesia, disandang oleh Desa Panglipuran yang terletak di Bangli, Bali Timur.  Desa Panglipuran, selama ini terkenal dengan jalanannya yang bersih, banyak memiliki area taman, serta memiliki fasilitas tempat sampah di setiap 30 meter.
Desa ini sendiri telah ditetapkan sebagai Desa Wisata sejak tahun 1995 lalu. Selain kebersihan lingkungannya, desa ini juga terkenal sebagai desa yang menjaga keindahan dan kerukunan warga negaranya. Bahkan desa ini juga pernah menerima penghargaan bergengsi terkait lingkungan dari pemerintah Indonesia, Kalpataru.
 
Top