Pj Wako Payakumbuh Jasman Gelar Buka Puasa Bersama Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan Alim Ulama



Nusantaranews.net, Payakumbuh - Penjabat Wali Kota Payakumbuh Drs. Jasman, MM Dt. Bandaro Bendang turut mengajak Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk bersama-sama mengatasi permasalahan sampah yang ada di daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikannya saat menggelar diskusi dan buka bersama dengan niniak mamak, bundo kanduang, MUI se Kota Payakumbuh di kediaman rumah dinas Wali Kota Payakumbuh, Senin (18/03/2024).

“Pada bulan yang penuh berkah ini sengaja kami mengundang Niniak mamak, bundo kanduang, dan MUI. Karena kami sadar bahwa Nagari kita ini milik niniak mamak, bundo kanduang dan para ulama kita,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa peran Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan MUI ini memang sangat besar dalam memajukan dan menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah tersebut.

“Jujur, banyak yang akan saya adukan, pertama terkait permasalahan sampah karena saat ini pagi, siang, dan malam permasalahan sampah yang selalu menjadi perhatian kami,” katanya.

Disampaikannya bahwa saat ini sebenarnya tren dari pembuangan sampah dari masyarakat Kota Payakumbuh sudah bagus dan menurun dari biasanya.

“Namun disinyalir terdapat impor sampah dari wilayah tetangga ketika lewat dari jam 12 malam dan jumlahnya itu sangat banyak,” ungkapnya.

Dikesempatan itu Jasman berharap agar nantinya setiap nagari dapat dilaksanakan piket atau ronda memastikan di nagari masing-masing tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan.

“Tentu hal ini membutuhkan dukungan yang penuh dari semua pihak termasuk Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan Alim Ulama. Semoga krisis sampah ini dapat segera kita selesaikan,” ujarnya.

Selanjutnya Jasman juga mengharapkan peran dari Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan Alim Ulama dalam menjaga kondusifitas pada pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Alhamdulillah selama Pemilu yang telah kita lewati semua berjalan dengan lancar tentu ini berkat dukungan semua pihak. Saya berharap hal ini juga terjadi saat Pilkada nantinya,” tukasnya. (rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post