Islam Solusi Permasalahan Pungli

 


Oleh Ai Siti Khodijah

Pegiat Literasi dan Pendidik Generasi


Keresahan terjadi di tengah tengah masyarakat terkait dengan adanya pungli parkir. Belum lama ini Bupati Bandung Dadang Supriatna menjamin tidak akan ada pungli parkir di komplek perkantoran Pemkab Bandung. Dadang mengatakan kejadian pungli parkir di taman uncal Pemkab Bandung telah ditangani oleh satgas saber pungli.


"Tidak akan ada lagi kejadian kemarin, sudah dilaporkan dan ditangani saber pungli," ujar Dadang, Senin 19 Februari 2024. Dia menegaskan, satgas saber pungli sudah diminta untuk penanganan pencegahan supaya kejadian serupa tidak terjadi lagi.


Seharusnya memberantas pungli parkir tidak sebatas pada kawasan tertentu saja tetapi sejatinya di semua tempat yang terdapat pungli parkir. Tidak seharusnya parkir dipungut biaya, baik resmi maupun liar, sudah menjadi hak rakyat untuk menggunakan fasulitas umum tanpa adanya pungutan sedikit pun. Bukan hanya pungli parkir saja tetapi semua jenis pungli haruslah diberantas karena meresahkan masyarakat. Pungli merupakan kezaliman dan kesewenang-wenangan karena diambil dari masyarakat tanpa landasan syar'i.


Dari Muhammad bin Qais, dia berkata:

"Manakala Umar bin Abdulaziz memegang tampuk khalafah, ia menghapus semua pungutan liar di muka bumi dan menghapus jizyah atas setiap muslim." (lihat.lbn sa'ad At'tabaqot al'kurba, juz v/345)

"Umur bin Abdulaziz menulis kepada Adi bin Artha'ah hapuskan pungli dari masyarakat, Demi Allah, ia bukan pungutan yang sah, justru ia merupakan kezaliman, di mana Allah Swt. berfirman tentangnya yang artinya:

"Dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan berbuat kerusakan barang siap yang menyerahkan zakat hartanya, maka ambilah darinya, Barang siap tidak menyerahkan hartanya, maka Allah yang akan menghisabnya." (TQS. Asy-Syua'ra).


Umar juga menulis surat kepada walinya di Palestina, Abdul bin Auf. Berangkatlah ke rumah yang bernama pungli liar. Hancurkan ia, lalu bawa ia ke laut, dan benamkanlah ke dalamnya, sedalam dalamnya."(lihat, lbn al'jauzi sirah' Umar bin Abdulaziz hal.113)


Pungutan liar adalah dirham yang di pungut dari para pedagang di pasar pasar, ini bisa di sebut sebagai cukai yang diambil dari barang yang masuk ke sebuah wilayah di zaman itu. Umar memandang, bahwa ini merupakan kezaliman, ia pun menghapusnya dengan alasan firman Allah di atas. Dari kisah ini seharusnya kita mengambil ibrohnya untuk mengatasi permasalahan di tengah masyarakat saat ini, hanya solusi islam lah yang bisa mengatasi permasalahan pungli


Pangkal permasalahan semua itu sebenarnya adalah penerapan sistem kapitalisme dan neoliberalisme di negri ini. Karena itu untuk mengakhiri permasalahan itu tidak ada jalan lain bagi masyarakat kecuali menghentikan rezim dan sistem neoliberal dengan sistem islam dalam institusi khilafah Islam yang telah terbukti berabad-abad memberikan kesejahteraan dan kenyamanan kepada rakyatnya, baik muslim maupun non muslim. Begitulah indahnya sistem Islam bila di terapkan d muka bumi ini untuk kemaslahatan umat manusia.


Wallahu'alam bissawab

Post a Comment

Previous Post Next Post