Pj Wako Payakumbuh Jasman Ajak Semua Unsur Kawal Pemilu Serentak 2024





Nusantaranews.net, Payakumbuh - Pimpin rapat koordinasi (Rakor) yang berlangsung di aula pertemuan Randang Lt. II Balai Kota Payakumbuh, Senin (15/01/24) sore, Penjabat Wali Kota Payakumbuh Drs. Jasman, MM bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) matangkan persiapan pemilu serentak 2024 yang diikuti unsur Forkopimda, Penyelenggara dan Pengawas Pemilu, Perangkat Daerah, serta pimpinan BUMN/ BUMD, Ketua MUI, LKAAM, Tokoh Masyarakat dan ketua dari setiap organisasi wartawan di Kota Payakumbuh.


Rakor dilaksanakan guna merumuskan langkah-langkah dalam menciptakan suasana yang kondusif sebelum Pemilu Serentak 2024 berlangsung, pada saat pelaksanaan dan pasca-pemungutan suara.


Sebelum dibuka secara resmi Pj Wali Kota Payakumbuh, ketua KPU Kota Payakumbuh Wizri Yasir beserta jajaran memaparkan terlebih dahulu terkait situasi terkini kesiapan dari KPU kota Payakumbuh menghadapi Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.


Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman menyampaikan pentingnya dilaksanakan Rakor, mengingat pelaksanaan Pemilu sudah semakin dekat.


“Sangat penting, mengingat hari H pelaksanaan Pemilu sudah semakin dekat dan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai bagian dari penyelenggara negara untuk berkontribusi secara optimal sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” ujarnya.


Orang nomor satu di lingkup Pemeirntah Kota Payakumbuh itu juga menyampaikan terkait arahan Presiden tentang pelaksanaan Pemilu 2024.


“Maka perlu saya sampaikan, sebagaimana pesan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, Pemilu jangan sampai membuat masyarakat kita terbelah. Pesan tersebut merupakan warning bagi kita semua yang hadir saat ini untuk mampu mengamati, mengelola dan mengambil kebijakan preventif sesuai dengan kebutuhan untuk menyikapi berbagai eskalasi dinamika yang terjadi di tengah masyarakat,” tambahnya.


Jasman juga menegaskan pentingnya menjaga netralitas yang merupakan kewajiban bagi semua aparatur negara tanpa pengecualian.


Turut disampaikan Pj Wali Kota Payakumbuh itu bahwa tak boleh ada sedikit pun permakluman atas tindakan ataupun perbuatan yang mengarah kepada dukungan atau fasilitasi kepada pihak-pihak yang berkontestasi dalam Pemilu.


“Saya kira, kita semua telah mengetahui larangan dan sanksi yang akan dijatuhkan kepada aparatur negara yang terbukti tidak netral selama penyelenggaraan Pemilu nanti, untuk itu, saya mengajak kita semua untuk fokus kepada apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab bersama,” tegasnya.


Terkait dengan agar berlangsungnya pemilu serentak 2024 berjalan lancar, aman dan damai, Pj Wali Kota Payakumbuh memberikan masukan kepada KPU agar dapat menyediakan layanan pengaduan dari warga masyarakat dalam menghadapi pemilu serentak 2024.


Agar pemilu serentak 2024 benar-benar berjalan lancar, Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman pastikan dan himbau kepada KPU untuk bisa mempersiapkan segala sesuatu dalam mempersiapkan pemilu serentak 2024.


“Kepada rekan-rekan media agar dapat hadir disini untuk membawa dan membuat situasi dan kondisi berjalan dengan aman, damai dan kondusif dalam pemberitaan yang disampaikan,” ajak Jasman.


Dilanjutkan, disini kita berkumpul untuk bagaimana dapat merancang rencana aksi bersama dengan tujuan untuk pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, damai dan kondusif,” tutupnya.


Sementara itu, dari unsur Forkopimda dalam setiap paparannya lebih menyampaikan bagaimana dari kesiapan dari setia instansi yang dipimpinnya dapat hadir guna menjaga situasi agar aman, damai dan kondusif di masa pemilu serentak 2024. (rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post