Kesejahteraan Petani Hanya Bisa Dirasakan di Sistem Islam


Farwah Azzahra Tsani



Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menggenjot peningkatan kesejahteraan petani di daerah berjuluk Benuo Taka itu, salah satunya dengan memperkuat penyuluh pertanian yang dibekali berbagai pengetahuan.

 

Program pemerintah kabupaten, menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Rozihan Asward di Penajam, Kamis, harus mendukung peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.

 

Para petani, lanjutnya, telah memberikan kontribusi besar terhadap pemerintah kebutuhan pangan masyarakat Penajam sehingga kesejahteraan petani juga harus menjadi perhatian.

 

Rozihan mengatakan penyuluh pertanian di lapangan sangat berperan dalam pendampingan kepada petani. Para penyuluh perlu memiliki kompetensi pengetahuan yang mumpuni dalam bidang pertanian.

 

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memberikan bekal penyuluh pertanian dengan berbagai pelatihan guna peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.


Namun, pelatihan untuk para penyuluh itu tidak terbatas hanya bidang pertanian saja, tapi juga motivasi spiritual dan keterampilan berkomunikasi.


Kemudian, penyuluh pertanian menularkan ilmu pengetahuan kepada para petani, terutama terkait teknologi pertanian, dengan menyambangi kelompok-kelompok petani.


Rozihan meminta para penyuluh pertanian bukan saja hanya memberikan pendampingan dan pengetahuan kepada petan, melainkan menjadi pemicu perubahan perilaku petani.

 

"Perilaku penyuluh pertanian di lapangan akan mempengaruhi pada petani yang biasa didampingi," katanya.


Semua upaya peningkatan kapasitas penyuluh itu akan berdampak pada peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, dan mewujudkan Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur, demikian Rozihan Asward.


--

Para petani tidak bisa berharap sejahtera pada sistem ini

--


Kalau ingin menyejahterakan para petani maka tidak cukup hanya dibekali dengan penyuluhan dan pengetahuan saja. Tapi harus ada support sistem penuh mulai dari bantuan sampai ke distribusi atau pemasaran yang adil. Petani juga harus butuh dukungan kebijakan yang berpihak pada petani bukan oligarki dan para kapital. Sudah sangat jelas bahwa sistem kapitalisme ini membuat para petani dan sistem pertanian kurang diminati. Sistem kapitalisme ini juga tidak menganggap pertanian ini penting, padahal sektor pertanian memiliki peran fundamental dalam menunjang ketahanan pangan.


Sangat jauh berbeda di dalam sistem islam, islam sangat memberikan perhatian besar pada sektor ini. Bentuk perhatian ini karena dorongan ruhiyah untuk bertani, di dalam islam bukan hanya  individu yang berperan tapi juga harus negara. Negara inilah yang disebut dengan khilafah islamiyah.


Khilafah akan memastikan distribusi pangan mencukupi semua wilayah. Khilafah juga mempunyai mekanisme dan support sistem untuk menyejahterakan masyarakat,  termasuk bekerja untuk para laki-laki sebagai petani dan pekerjaan lainnya. Hanya islamlah yang mampu mewujudkan kedaulatan pangan, kebijakannya pun berpihak pada petani lokal sehingga menjadi bagian dari pendapatan negara. Bahkan kekayaan SDAE dikelola sendiri sehingga mengurangi dampak kerusakan alam yang berakibat pada terganggunya sektor pertanian. 


Jadi saat ini tidak bisa berharap pada sistem kapitalisme untuk kesejahteraan petani, maka harus adanya sistem islam yang bisa menyejahterakan para petani.

Post a Comment

Previous Post Next Post