Jihad Fi Sabilillah, Solusi Konkret Masalah Palestina

 

 

Pemerhati Masalah Remaja, Uswatun Hasanah mengatakan bahwa solusi konkret untuk masalah Palestina adalah jihad fi sabilillah. “Solusi konkret untuk masalah Palestina adalah jihad fi sabilillah,” ungkapnya dalam kegiatan Keputrian di SMK Utama Informatika, Jum’at (17/11/2023) di Depok.


Menurutnya, selain wajib, jihad termasuk untuk membela sesama kaum Muslim yang terjajah atau terperangi. “Selain wajib, jihad termasuk upaya kita untuk membela sesama kaum Muslim yang terjajah atau terperangi, termasuk Palestina dan menjadi amalan utama,” tutur pemateri yang akrab disapa Kak Uswah tersebut.


Kak Uswah menyebutkan, keutamaan amalan jihad dinyatakan dalam sabda Rasulullah yaitu, “Berjaga-jaga satu jam di medan perang fi Sabilillah adalah lebih baik daripada menghidupkan  Lailatul Qadar di samping Hajar Aswad.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi).


Sikap sebagai Kaum Muslim

Dalam kesempatan yang sama, Kak Uswah menjelaskan bahwasannya sikap sebagai sesama kaum Muslim yaitu harus membela Palestina. “Kita harus membela Palestina, sebab sesama kaum Mukmin itu adalah bersaudara,” tegasnya.


Selain itu, Kak Uswah pun menuturkan, upaya yang bisa dilakukan kaum Muslim untuk membela Palestina bisa dilakukan secara individu dan masyarakat. Pertama, upaya secara individu bisa dilakukan dengan cara mendoakan, meningkatkan kesadaran dengan update berita valid lalu sebarkan, jangan memperkuat musuh, dan jangan melemahkan perjuangan kaum Muslim dengan mengolok upaya yang dilakukan oleh sesama Muslim.


“Jangan saling mengolok dan menghina upaya yang dilakukan oleh saudara kita, sebab masalah yang menimpa di Palestina bukan hanya masalah bagi umat Islam namun juga masalah kemanusiaan,” bebernya.


Kedua, upaya dalam masyarakat bisa dilakukan dengan cara berdonasi, kampanye dan petisi, serta berpartisipasi dalam aksi damai.


“Seharusnya negara-negara Arab dan Islam mengirimkan bantuan berupa pasukan militer, namun upaya yang dilakukan oleh negara-negara tersebut saat ini hanya berupa kecaman dan bantuan kemanusiaan saja,” jelasnya.


Kak Uswah menegaskan, umat Muslim sedunia sejatinya membutuhkan persatuan umat yang di pimpin oleh seorang Khalifah. “Umat butuh Khilafah! Umat Muslim sedunia sejatinya membutuhkan persatuan umat yang di pimpin oleh seorang Khalifah,” pungkasnya.[]Mustikawati


Post a Comment

Previous Post Next Post