Wako Payakumbuh Rida Ananda Resmikan Pelaksanaan Bulan Imunisasi HPV Anak Sekolah


Nusantaranews.net, PayakumbuhPada pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah, Pemko Payakumbuh memastikan seluruh anak perempuan yang duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar (SD) di Kota Payakumbuh bakal mendapatkan vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) gratis.


Hal itu disampaikan Penjabat Wali Kota Payakumbuh saat melaunching kegiatan tersebut di SD Negeri 45 Payakumbuh, Kelurahan Talang, Rabu (9/08/2023).

Wako Rida Ananda mengatakan, imunisasi HPV ini akan diberikan kepada remaja putri untuk mencegah timbulnya kanker serviks sejak dini. Dan akan dilaksankan di Bulan Agustus ini.

“Sasaran kita untuk vaksin HPV ini kepada seluruh anak kelas 5 SD. Dan hari ini kita launching di SD Negeri 45 Payakumbuh,” ucap Rida Ananda.

“Insyaallah dalam satu bulan ini, seluruh siswi kelas 5 SD di Payakumbuh sudah divaksin,” tukuknya.

Rida juga mengimbau kepada seluruh orang tua murid untuk mendukung program pemerintah, pada pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah yaitu dengan pemberian Imunisasi HPV ini.

“Harapan kita tentu ini akan mendapat dukungan dari orang tua murid. Karena virus ini tidak ada obatnya, yang bisa kita lakukan adalah bagaimana memperkuat kekebalan tubuh kita, dan cara memperkuat kekebalan tubuh kita adalah melalui imunisasi ini,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Wawan sofianto mengatakan, Bulan Agustus merupakan bulan imunisasi anak sekolah yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Untuk tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena mulai tahun 2023 ini akan dilaksanakan Imunisasi HPV ini,” katanya.

“Imunisasi ini akan diberikan pada remaja putri usia 10-11 tahun atau siswa kelas 5 SD,” terangnya.

Wawan menyebut, imunisasi yang dilaksanakan ini merupakan program pemerintah atau dalam istilah kesehatannya disebut Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) yang salah satunya Imunisasi HPV ini.

“Harapan kita anak sekolah usia sasaran dapat mengikuti kegiatan ini. Sehingga dapat membentuk manusia yang sehat tahan terhadap penyakit dan menjadikan Sumber Daya Manusia yang certas, berkualitas dan kuat. Kalau tidak diimunisasi tentu akan rentan terhadapa penyakit, makanya kita cegah dengan pemberian imunisasi ini untuk memberikan kekebalan pada anak kita,” pungksnya. (rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post