> Sekolah Lansia Pendidikan Non Formal Bagi Lanjut Usia - NusantaraNews

Latest News

Sekolah Lansia Pendidikan Non Formal Bagi Lanjut Usia

 

.

Pati, nusantaranews.net  - Pendidikan lansia menjadi satu hal yang penting. Orang lanjut usia (lansia) seringkali dianggap sebagai beban sehingga tidak sedikit yang diabaikan bahkan ditelantarkan. Padahal, jika mendapatkan pendidikan yang baik, lansia bisa menjadi pribadi sehat dan tetap produktif.  Jumat (4/8/2023).


Untuk menindaklanjuti hal tersebut Pemerintahan Desa Winong, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati bekerjasama dengan DINSOSP3AKB(Dinas sosial  Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) mendirikan  Sekolah Lansia Senja Berseri  yang dibentuk pada tanggal  7 Juni 2023. 


Peserta SL Senja Berseri  di Desa Winong sejumlah  40 orang lansia dengan jadwal pertemuan satu bulan dua kali, setiap hari sabtu pertama dan sabtu ke empat.

Materi yang diberikan pada SL Senja Berseri meliputi :

1. Gangguan kognitif dan peningkatan fungsi intelektual

2. Tujuh dimensi lansia dan 8 fungsi keluarga.

3. Gangguan psikologis

4. PTM

5. Gizi lansia dan peran lansia dalam mencegah stunting.

6. Spiritual

7. Peningkatan hoby.

8. Motivasi pemberdayaan lansia


.


Menurut Kepala Sekolah Lansia Senja Berseri Sri Purwati, S.Sos  kegiatan ini merupakan salah satu upaya pendidikan non formal yang merupakan pembelajaran bagi lansia terutama yang masih potensial.

“ Hal ini bertujuan untuk  mewujudkan lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, Bermartabat) melalui 7 Dimensi Lansia Tangguh yaitu Dimensi Spiritual, Dimensi Intelektual, Dimensi Fisik, Dimensi Emosional, Dimensi Sosial Kemasyarakatan, Dimensi Profesional dan Vokasional, dan Dimensi Lingkungan,” ungkapnya.


Kades Desa Winong Wicaksono Bowo Leksono, S.Pd sangat mendukung kegiatan tersebut dengan memberikan fasilitas penggunaan balai desa untuk dipakai dalam sekolah lansia ini.

“Mudah-mudahan dengan  adanya  Sekolah Lansia ini akan membawa manfaat dan berkah bagi kita semua terutama warga Desa Winong,” tuturnya.


Sedangkan Koordinator PKB Ir. Barbarina menambahkan   menjadi tua adalah sebuah perjalanan hidup yang pasti terjadi. Namun menjadi sehat dan produktif di usia senja adalah pilihan. 

“ Meski perubahan fisik dan psikis pasti terjadi, menjadi lansia bukan akhir segalanya. Semua itu hendaknya tidak menjadi penghambat bagi lansia untuk tetap aktif sesuai kapasitas dan kualitas kesehatannya,” tutupnya. 


Sekolah lansia  merupakan salah satu upaya pendidikan bagi lanjut usia. Pendekatan sekolah lansia merupakan salah satu konsep pendidikan secara informal kepada lanjut usia. Hal itu sesuai dengan amanat UU RI Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, di mana sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia, diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Diantaranya adalah pelayanan pendidikan dan pelatihan. (m@s)


NusantaraNews Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.