Peringatan Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota ke 182



KITA TINGKATKAN SINERGITAS PEMBANGUNAN UNTUK MEWUJUDKAN LIMA PULUH KOTA YANG MADANI

Nusantaranews.net, Limapuluh Kota, - Peringatan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke 182 yang jatuh 13 April 2023, tanpa ada pekan budaya anak nagari seperti tahun sebelumnya. Pada peringatan HJK. Limapuluh Kota ke 182 tahun 2023 ini hanya Rapat Paripurna Istimewa DPRD setempat yang digelar Kamis,13 April 2023 di ruangan sidang utama gedung DPRD Limapuluh Kota.

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Deni Astra itu, didampingi Wakil Ketua Wendi Chandra dan Syamsul Mikar, dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizky Kurniawan Nakasri, Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Devi Kurnia, Forkopimda, Bupati/Walikota se-Sumatera Barat, mantan ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala Perangkat Daerah serta sejumlah tokoh masyarakat dan insan pers.

Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Astra mengatakan, tanggal 13 April setiap tahunnya diperingati sebagai hari lahirnya Kabupaten Limapuluh Kota, merupakan amanat Perda No.11 tahun 2008 tentang Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Limapuluh, yang pertamakali diperingati 13 April 2009, bersamaan dengan peresmian pemakaian gedung DPRD Kabupaten Limapuluh Kota di Bukik Limau Sarilamak.


Rapat ini merupakan rapat paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang ketiga dalam masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang sekarang. Meski pelaksanaan ulang tahun pada tahun ini berbeda sedikit dari tahun sebelumnya, karena tidak bisa berlangsung secara meriah dengan penyelenggaraan Pekan Budaya anak Nagari, karena masih dalam suasana bulan suci Ramadan, 1444 H, namun kita berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk

Menetapkan komitmen dalam berkarya guna memajukan Kabupaten Limapuluh Kota agar bisa bersanding dengan Kabupaten/ Kota lainnya se Sumbar, ujar Deni Astra.

Ketua DPRD Limapuluh Kota mengajak semua pihak dengan semangat Memperingati hari jadi Kabupaten Limapuluh Kita ke 182,” kita tingkatkan Sinergisitas pembangunan untuk mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani”, harapnya.

Rasa cinta dan memiliki terhadap Kabupaten Limapuluh Kota hendaknya terpatri dalam dada dan tercermin dalam sikap dan diwujudkan dalam perilaku setiap pribadi masarakat Limapuluh Kota, katanya.

Rasa Cinta dan Bangga terhadap Daerah ini, harus termanifestasi dalam tema “KITA TINGKATKAN SINERGITAS PEMBANGUNAN UNTUK MEWUJUDKAN LIMA PULUH KOTA YANG MADANI” , sesuai dengan potensi dan profesi kita masing masing, sehingga tema tersebut tidak hanya indah dalam di tataran Kognisi dan retorika,tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata, ungkap Deni.

Hendaknya tema ini menginsprirasi semua pihak untuk bersama sama mengukir dan memaknai sejarah kehidupan dan kebangkitan kembali Limapuluh Kota dalam meraih kemajuan dan kemandirian serta kemartabatan masarakatnya.

Menurut Deni Astra, memaknai perjalanan sejarah tentu dengan membuka kembali lembarana awal ketika sebuah pemerintahan dan pembangunan dilaksanakan.

Pemerintahan dan pembangunan,telah kita pahami ibarat dua sisi dari satu mata uang yang sama, artinya, tujuan utama dari sebuah pemerintahan adalah menyelenggarakan pembangunan, begitu juga pembangunan tidak bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat.

Sebagaimana yang kita pahami pembangunan adalah proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masarakat. Karenanya, proses dan dinamika pembangunan termasuk pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota harus dikawal dengan landasan yuridis – operasional dan pendekatan yang holistik integral. Serta dilandasi oleh premis rasional yang tajam dengan bingkai visi dan misi yang jelas.

Kabupaten Limapuluh Kota membutuhkan Pemerintahan yang kuat untuk mampu tumbuh dan berkembang dalam menjalankan program pembangunan yang berkelanjutan transparan dan akuntabel, urai Deni Astra.

DPRD akan terus mendorong Pemerintah Daerah dibawah komando Bupati untuk mampu melakukan reformasi birokrasi seutuhnya, dimana ASN dibawah komando Sekretaris Daerah harus keluar dari zona nyaman atau fisolofi asal bapak senang menuju birokrasi berbasis kinerja yang sesungguhnya.

Pemerintah Daerah harus nampu bertransformasi untuk berkalaborasi aktif dalam menjalankan pemerintahan dan harus mampu Mengadopsi mekanisma kewirausahaan adaptif yang menerapkan kecanggihan teknologi dalam pelayanan.

Pembentukan zona Integritas merupakan upaya untuk mempercepat pemerintahan yang bersih, birokrasi efekif, dan efisien, dibutuhkan komitmen bersama termasuk DPRD untuk mewujudkan prmerintahan berintegrasi dengan standar profesional yang mengedepankan perubahan pada area akuntabilitas kinerja, arena penguatan pengawasan dan arena peningkatan kualitas layanan publik, ungkap Deni Astra.

Deni Astra mengungkapkan, merangkai gagasan, menterjemahkan menjadi kinerja, Membangun irama kebersamaan, melakukan adaptasi dan revitalisasi birokrasi serta meramu strategi, mengatasi kapasitas fiskal yang defisit, adalah sekelumit tantangan yang dihadapi saat ini.

Menghadapi kenyataan itu ketua DPRD Limapuluh Kota merasa terinspirasi dengan stateman PROF. PETER F. DRUCKER “TIDAK ADA DAERAH YANG MISKIN, YANG ADA ADALAH DAERAH YANG TIDAK TERKELOLA DENGAN BAIK”, katanya.


Lebih lanjut Deni Astra mengatakan, dengan kondisi kemampuan fiskal daerah kita yang sangat minim dan lahirnya peraturan menteri Keuangan no. 212 TAHUN 2022, serta terjadinya gagal bayar anggaran di akhir tahun 2022 telah memaksa dilakukan penyesuaian di berbagai bidang dan program kegiatan di tahun 2023 yang tentunya menjadi kebijakan yang tidak populis di tengah tengah masarakat.

Semangat membangun pemerintahan yang kuat tentunya sejalan dengan mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang baik di bawah manajemen kepemimpinan yang propesional dan akuntabel.

DPRD menurut Deni Astra akan terus mendorong dan memastikan Pemerintah daerah untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk mampu lepas dan keluar dari semua permasalahan yang dihadapi daerah saat ini dengan mengedepankan semangat sinergisitas dalam pembangunan Limapuluh Kota sesuai dengan tema peringatan hari jadi ke 182, katanya.

Deni Astra juga mengungkapkan, Kabupaten Limapuluh Kota sangat potensial dibandingkan Kabupaten lain, karena memiliki keunggulan Kompetitip (COMPETITIVE ADVANTAGE) maupun keunggulan KOMPORATIF (COMPORATIVE ADVANTAGE). Keunggulan tersebut meliputi kekayaan sumber daya alam, letak geografis yang sangat stategis mapun modal sosial (SOCIAL CAPITAL) yang pengaruhnya sangat dominan bagi pembangunan daerah.

Ini tentu jadi “PR” bagi pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, dan DPRD untuk terus menggali serta memaksimalkan kontribusi peran serta semua stakeholder yang ada, didukung oleh manajemen pemerintahan yang efisien dan kepemimpinan yang kuat, maka kami sangat otimis akselerasi laju pembangunan pada semua sektor dapat kita tingkatkan, ungkap Deni Astra.

Sementara Bupati Syafaruddin Dt.Bandato Rajo mengatakan, momen peringatan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke 182 ini, dijadikan momentum untuk evaluasi Apa yang telah capai, apa yang belum dan apa kendala, serta solusi untuk memperbaiki dan memajukan kabupaten lima puluh kota ke depan.

Menurut Syafaruddin, Tema peringatan tahun ini sejalan dengan visinya yakni “mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat dan berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah”.

Memasuki usia ke 182 ini tentunya sudah banyak kemajuan yang diraih Kabupaten Limapuluh Kota. Namun, tidak bisa dipungkiri, hingga kini kita masih di hadapkan pada berbagai tantangan dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, ujar Bupati.

Bupati Syafaruddin mengajak segenap elemen masyarakat dalam momentum hari jadi daerah ini untuk melakukan refleksi, muhasabah sudah sejauh mana kita berkarya dan memberikan kontribusi positif dalam upaya membangun Limapuluh Kota.

Tokoh dan para pemimpin terdahulu telah bekerja keras, berbakti dan berkarya bagi kemajuan daerah ini. Tugas kita adalah melanjutkan estafet perjuangan tersebut dengan menjawab semua tantangan ke depan, dengan menyusun kebijakan-kebijakan yang mengutamakan kepentingan masyarakat, jelasnya.


Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang telah bekerja keras dan bekerja sama dalam menjalankan roda pemerintahan demi mewujudkan visi pembangunan daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2021-2026,” ujarnya.

Bupati akui, tidak bisa berjalan sendiri dalam membangun Limapuluh Kota,perlu dukungan dan kerjasama, seperti kata pepatah “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Insya allah, dengan kebersamaan dan saling bergandeng tangan dengan seluruh elemen masyarakat maupun stakeholder kita dapat mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat dan berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, ungkapnya.

Untuk mewujudkan masyarakat madani, perlu peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) dengan menekan angka putus sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan beasiswa kepada siswa tingkat pendidikan dasar berupa bantuan perlengkapan sekolah.

Peningkatan IPM ini berbanding lurus dengan penurunan angka prevalensi stunting Kabupaten Limapuluh Kota. Angka stunting pada 2021 ada 28,70 % pada 2022 turun ke angka 24,30 %. Dalam penurunan angka stunting ini kami himbau untuk tetap melakukan tindakan yang lebih nyata dengan fokus ke beberapa objek yaitu pencegahan pernikahan dini, memaksimalkan pola asuh anak, dan pengoptimalan peran kader Bina Keluarga Balita (BKB), untuk mencapai target nasional 14 persen di tahun 2024 sesuai arahan perpres no 72 tahun 2021 tentang penurunan stunting.

Terkait agenda prioritas peningkatan pembangunan IKK (Ibu Kota Kabupaten) Sarilamak. DPRD telah mengesahkan perda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) kabupaten tahun 2023-2043. Dan saat ini pemerintah telah membangun RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang bisa menjadi pusat kegiatan maupun pusat rekreasi bagi seluruh masyarakat Limapuluh kota. Selain itu, RTH ini bisa menjadi sarana berbagi informasi maupun mengembangkan minat bakat di lokasi yang akan menjadi ikon Limapuluh Kota.

Pada dasarnya RTH menjadi multiflier effect terhadap berbagai sektor, utamanya sarana olahraga, dan ditahun berikutnya dapat dianggarkan pembangunan pujasera, sehingga disamping orang berolahraga, masyarakat yang berkunjung juga dapat berbelanja, ungkap Bupati Syafaruddin.

Terkait agenda prioritas pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat, kita akan fokus pada 3a 1p yaitu aksesibilitas (jalan ke destinasi wisata), atraksi (apa saja yang ├ákan di lihat, baik alam, event-event ataupun atraksi seni dan budaya dll), ameniti (sarana pendukung seperti mushalla,  toilet, kios, home stay, kuliner dan lainnya) serta promosi. Pembangunan pariwisata ini sesuai dengan salah satu misi kami yakni mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi lintas sektoral yang memiliki keunggulan di tingkat lokal dan regional.

Selain itu, pemerintah daerah juga memiliki progul penciptaan wirausaha baru, di tahun 2022 telah tercapai 426 wirausaha. Pemerintah daerah juga merencanakan pelatihan dan pemberian bantuan bagi IKM dan UMKM. Ditargetkan di tahun 2026 akan ada 150 IKM dan UMKM yang telah dilatih dan diberi bantuan, terang Syafaruddin.

Agenda prioritas pengembangan pertanian dan perikanan menuju agrobisnis. Capaian tahun 2022 luas lahan yang buka 5,2 ha. Disamping itu juga disusun pola kerjasama antara pemilik lahan jagung dengan pemilik modal untuk mengembangkan jagung tersebut. Target tahun 2023 adalah membuka lahan jagung sebesar 4.000 hektar

Terkait perikanan berdasarkan data produksi benih kabupaten lima puluh kota tahun 2022 diperoleh total rata-rata produksi benih sebanyak 5.927.482 ekor. Capaian tahun 2022 bibit ikan yang dihasilkan 31,5% dari target tahun 2026. Sedangkan target yang akan dicapai pada tahun 2023 yakni 43,5%.

Terkait sentra pruduksi sapi potong, berdasarkan arah kebijakan pembangunan yaitu meningkatkan populasi sapi dari 45.000 ekor menjadi 100.000 ekor sapi, capaian populasi hingga tahun 2022 sudah terealisasi sebanyak 53.906 ekor atau (53,9%) dari target 100.000 ekor pada tahun 2026, ungkap Bupati.

Agenda prioritas terkait peningkatan pembangunan infrastruktur daerah. Tingkat kemantapan jalan kabupaten difokuskan kepada pembangunan jalan daerah terisolir, perbatasan dengan Kota Payakumbuh dan pembangunan jalan ke sektor pertanian dan pariwisata. Total pada tahun 2022 DPUPR kabupaten Limapuluh Kota telah membangun dan merehabilitasi jalan sepanjang 34.1 km. Pada 2022 DPUPR telah melaksanakan pembangunan jalan untuk daerah terisolir di kecamatan kapur IX dengan segmen Koto Tangah Koto Lamo- Tj.Bungo (r-90) dengan total 1,70 km dan segmen Galugua-Koto Tangah (r-53) dengan panjang 1,42 km.Untuk mendukung jalan ke sektor pertanian dan pariwisata pada tahun 2022 telah dibangun jalan sepanjang 27,08 km.

Progul berkurangnya rumah tidak layak huni (RLTH ). Pada tahun 2022 telah dilakukan intervensi terhadap perbaikan rumah sebanyak 250 unit dengan pendanaan bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat 20 unit, APBD Kab. Limapuluh Kota 199 unit , BAZNAS Kab. Limapuluh Kota 30 unit dan dari CSR pertamina 1 unit, rinci Syafaruddin.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan beberapa prestasi diberbagai bidang yang berhasil capai selama dua tahun kepemimpinannya baik di tingkat provinsi maupun nasional, diantaranya Kampung saribu gonjong (sarugo) yang terletak di nagari koto tinggi kecamatan gunuang omeh meraih juara 2 di anugerah pesona indonesia (API) award 2020 pada tanggal 20 mei 2021 lalu di labuan bajo, nusa tenggara timur, sebagai kampung adat terpopuler dan sejumlah prestasi lainnya.

Sementara Gubernur Sumbar diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Devi Kurnia, membacakan sambutan tertulis Gubernur, Mahyeldi.


Diawal sambutannya, Gubernur mewakili Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat,menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi yang ke-182 kepada Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota.

Penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Lima Puluh Kota dalam beberapa tahun terakhir memperlihatkan keberhasilan pembangunan dengan dianugerahkannya berbagai penghargaan atas prestasi pemerintah daerah dan masyarakat.

Namun, dalam usia ke 182 Kabupaten Lima Puluh Kota masih dihadapkan kepada berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan baik yang berasal dari internal maupun eksternal daerah, ujar Gubernur.

Oleh karena itu, Jadikan peringatan hari jadi ini sebagai momentum untuk mengevaluasi kembali langkah kebijakan yang telah diambil, sebagai pijakan bagi perumusan kebijakan pada masa yang akan datang, ujarnya.

Gubernur berharap, Melalui peringatan ini, dapat belajar kembali dari segala keberhasilan dan kegagalan yang telah dilewati, serta tetap berpegang kepada tujuan dibentuknya pemerintahan daerah yaitu percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bersamaan dengan itu, kita harus dapat menginventarisir segala tugas-tugas yang masih tersisa dan masih belum dapat dirampungkan pada tahun 2023,kata Gubernur.

Selanjutnya, juga harus mampu memobilisasi semua sumber daya pembangunan dan potensi yang kita miliki. Hal ini tidak saja untuk mendukung penyelesaian tugas-tugas pemerintahan, pembangunan danpemberdayaan, tetapi juga sekaligus sebagai bentuk kesiapan daerah untuk menghadapi persaingan yang ketat dalam era globalisasi.

Peringatan Hari Jadi yang Dilaksanakan hari ini, bukanlah sekedar kegiatan yang bersifat seremonial belaka. Tetapi merupakan sebuah momentum yang mempunyai makna evaluatif pada saat menoleh kebelakang, dan makna prediktif atau perkiraan pada saat kita harus memandang kedepan.

Makna evaluatif dan prediktif peringatan ini tidak hanya ditujukan bagi pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota semata, namun juga bagi DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dan seluruh lapisan masyarakat untuk terus mengevaluasi dan mempersiapkan diri bagi pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota, ujar Gubernur.

Gubernur mengingatkan, tahun 2023 ini merupakan tahun ke-tiga bagi Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota dalam melaksanakan tugasdan kewenangan menyelenggarakan pemerintahan daerah. Segera lakukan evaluasi dan penataan kembali penyelenggaraan urusan pemerintahan, apakah program-program prioritas yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2021-2026 telah tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan atau belumKegiatan Peringatan Hari Jadi suatu daerah akan menjadi penting apabila diarahkan untuk lebih terwujudnya kesejahteraan, yang benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota di masa mendatang, ingat Mahyeldi.

Gubernur juga mengungkapkan beberapa capaian kinerja makro penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2022 berada pada angka 70,28. Angka tersebut meningkat 0,60 poin dibandingkan dengan tahun 2021 pada angka 69,68, dan meningkat 0,81 poin dibandingkan tahun 2020 yang berada pada angka 69,47.

Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbaikan dan peningkatan IPM Kabupaten Limapuluh Kota. Namun angka tersebut masih berada di bawah rata-rata IPM Sumatera Barat yang berada pada angka 73,26 dan di bawah rata-rata IPM Nasional yang berada pada angka 72,91.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lima puluh Kota dan DPRD perlu meningkatkan pembangunan dibidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan pada sisi pendapatan masyarakat.

Angka Kemiskinan. Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS, Angka Kemiskinan Kabupaten Lima Puluh Kota berada pada angka 6,59. mengalami penurunan 0,70 poin dibandingkan dengan tahun 2021 yang berada pada angka 7,29. Angka tersebut masih tinggi dibandingkan angka kemiskinan rata-rata Sumatera Barat yang berada pada angka 5,92 dan lebih rendah dibandingkan rata rata Nasional yang berada pada angka 9,57.

Untuk itu, perlu ditingkatkan kembali upaya dan strategi untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Limapuluh Kota. Sementara angka pengangguran berdasarkan data tingkat pengangguran terbuka BPS, Angka pengangguran Kabupaten Limapuluh Kota berada pada angka 3,72.Angka tersebut meningkat 1,47 poin dibandingkan dengan tahun 2021 yang berada pada angka 2,25. Data ini menunjukan bahwa dari 100 orang masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota yang tergolong angkatan kerja, terdapat 4 orang yang sedang mencari kerja atau mempersiapkan usaha, atau tidak mencari kerja karena putus asa.

Untuk itu Pemerintah Daerah bersama DPRD Kabupaten Limaluluh Kota perlu menciptakan entrepreneur baru dan lapangan usaha/kerja baru agar menekan angka pengangguran.

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Lima Puluh Kota hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS , tahun 2022 tumbuh sebesar 4,04 persen. Angka tersebut mengalami peningkatan 0,71 persen jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang tumbuh sebesar 3,33 persen.

Hal ini menunjukkan ada perbaikan ekonomi masyarakat dibandingkan dengan tahun lalu. Namun angka tersebut masih berada dibawah rata-rata. Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat yang tumbuh sebesar 4,36 persen dan dibawah rata – rata Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang tumbuh sebesar 5,31 persen.

Sementara Pendapatan Per-Kapita Kabupaten Limapuluh Kota berdasarkan PDRB atas harga berlaku tahun 2022 Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS adalah Rp.46.091.440,-. Jumlah tersebut menggalami peningkatan Rp 4.128.140,- dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp.41.963.300,-. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan

dengan Pendapatan Per-Kapita rata-rata Sumatera Barat Rp. 32.377.513,66. Nilai tersebut menunjukkan ada peningkatan pendapatan masyarakat secara agregat kabupaten dan pendapatan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota jauh lebih tinggi dari pada Pendapatan Per-Kapita rata-rata Sumatera barat. Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan perlu terus ditingkatkan, jelas Gubernur.

Begitu pula Ketimpangan Pendapatan (Gini Ratio) Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2022 adalah 0,208. Angka tersebut mengalami penurunan 0,036 poin jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang berada pada angka 0.244. menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Limapuluh Kota selain berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per-kapita juga berupaya memperdangkal jurang perbedaan antara penduduk yang kaya dengan penduduk miskin.

Pada kesempatan ini ada beberapa pesan yang disampaikan Gubernur, terkait dengan kunci sukses penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya untuk Kabupaten Limapuluh Kota

Kunci sukses penyelenggaraan pemerintahan menurut Gubernur,

Kepala Daerah dan DPRD harus selalu bersinergi. Sesuai dengan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pemerintahan Daerah dilaksanakan oleh Kepala Daerah dan DPRD. Kepala daerah dan DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Kepala daerah dan DPRD berkedudukan sebagai mitra sejajar yang mempunyai fungsi yang berbeda.

Hubungan keduanya sebagai mitra harus dijaga. Harus selalu bersinergi. Jangan sampai antara Kepala Daerah, DPRD, Anggota Forkopimda dan Stakeholder lainnya tidak harmonis.

Semua pihak harus saling menghargai. Boleh menyampaikan kritik, karena perbedaan pendapat hal yang biasa dan sangat lumrah. Namun kritik harus bersifat membangun dan disampaikan dengan baik, sesuai dengan norma.

Selain itu, menciptakan program inovatif dan kerja sama daerah untuk menjawab permasalahan masyarakat dan keterbatasan daerah. Inovasi dan kerja sama merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jangan takut berinovasi karena inovasi daerah dilindungi oleh Undang-Undang Pemerintahan Daerah, untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Pemerintah Daerah dapat melakukan inovasi.

Majunya suatu daerah sangat ditentukan oleh inovasi yang dilakukan daerah. Perlu adanya upaya memacu kreativitas Daerah untuk meningkatkan daya saing Daerah, kata Gubernur.

Pemerintah daerah salah satu ujung tombak pelayanan publik yang wajib melakukan inovasi.

Kemudian, untuk optimalisasi potensi dan memecahkan keterbatasan kemampuan daerah dalam meningkatkan pembangunan, daerah harus mampu bekerja sama dengan daerah lain ataupun dengan pihak ketiga, Sehingga potensi yang dimiliki Kabupaten Lima Puluh Kota dapat diberdayakan secara optimal.

Untuk itu, Gubernur menghimbau agar seluruh Stakeholder di Kabupaten Lima Puluh Kota harus memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang ada, menciptakan pembangunan ekonomi secara merata sehingga dapat menemukan momentum yang tepat.


Kunci sukses berikutnya menurut Gubernur, adalah partisipasi Masyarakat dan Perantau dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Melibatkan Masyarakat dan Perantau merupakan suatu proses kesadaran pembangunan daerah dan dapat membantu penyelesaian masalah-masalah pembangunan.

Menyinggung penyelenggaraan pesta rakyat atau pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, menurut Mahyeldi, Pesta demokrasi kali ini adalah sejarah baru dalam perjalanan Negara Republik Indonesia yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak se Indonesia.

Menjelang pesta demokrasi tersebut, konstelasi politik akan mulai memanas sejak tahun ini. Walaupun secara resmi kampanye belum dilaksanakan, akan ada kemungkinan bakal calon saling serang melalui kampanye negatif hingga hoax bertebaran di media sosial dan dibanjiri berbagai macam unggahan tentang politik disertai komentar-komentar tajam dan pedas.


Untuk menyikapi maraknya berita bohong atau hoax, yang banyak beredar di masyarakat melalui media sosial baik elektronik maupun cetak, kita harus memahami bahwa hoax bertujuan untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar.

Hoax yang beredar melalui Instagram, Facebook, Twitter, Path, nasehat palsu, berita bohong atau berita palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas luasnya baik melalui Instagram, Facebook, Twitter,Path dan media lainnya.

Oleh karena itu, dihimbau kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota dan DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota beserta seluruh

masyarakat Lima Puluh Kota untuk tidak mudah terpengaruh dan lebih cerdas dalam menerima dan memfilter informasi serta cross-check terlebih dahulu terhadap kebenaran isi pesan tersebut, jangan langsung percaya, apalagi langsung memforwardnya.


Jangan sampai karena perbedaan pilihan pada saat kita berpesta yang seyogyanya kita bergembira namun terjadi peristiwa- peristiwa yang dapat merusak keharmonisan diantara kita sesama bangsa Indonesia.Ingat “lima menit menentukan lima tahun yang akan datang”, oleh sebab itu pilihlah yang terbaik sesuai dengan pengetahun dan hati nurani serta tolaklah setiap bentuk politik uang (money politics) yang dapat mempengaruhi pilihan politik karena politik uang, ingat Gubernur. (***)



Post a Comment

Previous Post Next Post