Peduli Purnawirawan, Anggota Koramil Bersihkan Lumpur Pasca Banjir

.


Pati, nusantaranews.net - Banjir yang melanda Kabupaten Pati beberapa waktu yang lalu menyisakan berbagai duka bagi warga. Selain Merendam rumah warga juga menimbulkan dampak lainnya seperti penyakit dan lumpur yang masuk rumah maupun menumpuk di jalan akses desa. Salah satu rumah warga yang terdampak banjir adalah rumah milik purnawirawan TNI. Minggu (19/3/2023).

Peltu (Purn) Kuntari mantan anggota Koramil 0718-01/Pati yang berdomisili di RT 4/1 Dukuh Ngantru Desa Mustokoharjo Pati tak luput dari genangan air. Rumah Kuntari yang berada di dekat aliran sungai Silugonggo tergenang air setinggi 1meter. 

Menurut Kuntari daerahnya sudah menjadi langganan banjir tiap tahunnya. Salah satu cara mengatasi hal tersebut sebagian rumah sudah ditinggikan sehingga tiap kali banjir datang rumah tersebut masih bisa ditempati.
" Akan tetapi rumah lama terendam sekitar 1 meter karena memang belum dinaikkan lantainya. Untunglah sebagian rumah sudah kita renovasi sehingga walau banjir datang masih bisa kami tempati," ungkap Kuntari.

Selain air lumpurpun ikut masuk kerumah sehingga keadaan dalam rumah sangat tidak nyaman. Ditambah lagi banjir ini lama surutnya sehingga akses keluarpun cukup terganggu.
" Untuk itu warga ada yang menyiapkan perahu kecil yang setiap saat bisa digunakan evakuasi apabila banjir mulai datang. Seperti perahu kecil ini selalu standby dirumah bila suatu saat digunakan," ungkap Kuntari sambil menunjukkan perahu yang ada didepan rumahnya.
.


Untuk sedikit membantu pembersihan rumah Kuntari, Danramil 0718-01/Pati Kapten Inf Suyani mengajak anggota Koramil untuk melaksanakan pembersihan setelah air agak surut. Dengan menggunakan peralatan seadanya anggota Koramil dipimpin langsung Danramil menyambangi rumah Kuntari. 
" Hari ini air sudah mulai surut sehingga kita bisa ikut membantu keluarga bapak Kuntari membersihkan lumpur yang ada didalam rumahnya. Air memang sudah surut akan tetapi diluar rumah termasuk halaman dan jalan masih tergenang air," ungkap Danramil.

Dukuh Ngantru yang masuk wilayah Desa Mustokoharjo terletak di dekat Sungai Silugonggo apalagi dukuh ini terletak di daerah cekungan sehingga air paling lama surutnya. Selain pembersihan di rumah Peltu (Purn) Kuntari, sebagian anggota Koramil 0718-01/Pati, Polsek Pati, Damkar dan relawan serta masyarakat juga membersihkan lumpur yang menutupi jalan masuk ke Dukuh Ngantru. Pembersihan jalan ini dimaksudkan untuk memperlancar akses warga dan memperlancar kegiatan warga sehari-hari. (m@s)

Post a Comment

Previous Post Next Post