Nama Rida Ananda Muncul Sebagai Calon Wali Kota Favorit Payakumbuh 2024


Nusantaranews.net, Payakumbuh - Genap enam bulan menjabat sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh, nama Rida Ananda pun masuk sebagai salah satu kandidat Wali Kota Payakumbuh favorit pada pemilu 2024 mendatang.

Mantan Sekda Kota Payakumbuh yang kini bertugas sebagai Penjabat Wali Kota tersebut, muncul bukan tanpa sebab sebagai kandidat yang dimunculkan oleh masyarakat. Akan tetapi kalangan menyebut Rida Ananda cukup sukses menjalankan roda pemerintahan Kota Payakumbuh di masa transisi.

Pj Wako itu dinilai layak untuk kembali memimpin Kota Payakumbuh sebagai calon pilihan masyarakat pada pilkada 2024 mendatang. Menurut publik dirinya berhasil menciptakan iklim demokrasi yang baik sehingga Kota Payakumbuh nyaris tanpa ada gejolak yang berarti.

Tolok ukur lainnya, didalam masa transisi kepemerintahannya, Rida Ananda dinilai cukup berhasil mengimplikasikan program yang dicanangkan Menko Airlangga Hartato dalam menekan tingginya inflasi di daerah dengan menjalankan program mengoptimalkan Belanja Pusat dan Daerah untuk penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), mengoptimalkan Program Pemberdayaan di Daerah, mempermudah akses terhadap pekerjaan, meningkatkan kapasitas SDM dan UMKM serta Pembiayaan UMKM, dan menggunakan Belanja Daerah untuk Program Padat Karya kota.

Selain itu yang bersangkutan juga dinilai berhasil menekan angka presentase secara drastis prevalensi stunting yang berhasil dicapai yakni 17,8% dibawah target Nasional dan Provinsi. Keberhasilan Pemko Payakumbuh dalam menekan angka stunting karena keseriusan dan sinergisitas semua pihak melalui program, Peningkatan Gizi Masyarakat melalui program Pemberian makanan tambahan (PMT) untuk meningkatkan status gizi anak.

Atas keberhasilan itulah, publik menilai pria yang merupakan pejabat karier tersebut dianggap sangat layak maju pada Pilkada 2024 sebagai calon Wali Kota pilihan masyarakat Payakumbuh.

Salah satu tokoh masyarakat Payakumbuh, M. Romus Dt. Maro, saat diwawancarai media terkait meluasnya informasi dari masyarakat Payakumbuh yang meminta Rida Ananda untuk maju dalam kontestasi calon Wali Kota Payakumbuh pada 2024 mendatang, sangat menyambut positif.

Menurutnya, apa yang dinginkan oleh warga Kota Payakumbuh sebagian besar ada pada diri Rida Ananda. Payakumbuh butuh pemimpin yang cakap serta dekat dengan semua kalangan dan faham apa yang dimaui masyarakat.

“Artinya, selama ini kita melihat Pj Wako ini mampu menjadikan dirinya sebagai pelayan masyarakat dengan beberapa kali terlihat aktif terjun langsung dan berbaur disetiap kegiatan masyarakat. Dan Payakumbuh masih butuh sosok tersebut,” papar M. Romus Dt Maro, Senin (6/03/23).

Ditempat terpisah, menyikapi fenomena itu, Rida Ananda, dengan santun menyampaikan apresisasi dan terima kasih untuk dukungan dan nilai positif masyarakat atas kinerjanya selama 6 bulan menjabat sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh.

Namun Rida mengaku saat ini belum memikirkan terkait adanya permintaan masyarakat agar dirinya ikut pada Pilkada 2024.

“Saat ini saya ingin fokus dulu menjalankan amanah yang diberikan pemerintah pusat agar roda pemerintahan dapat berjalan lebih baik. Soal adanya dukungan untuk ikut pada pilkada nanti, sepertinya terlalu pagi untuk dibahas sekarang,” aku Rida. (rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post