Donor Darah Menyambut Peringatan HUT Koopsudnas Tahun 2023

.


Jakarta, nusantaranews.net - Donor darah dalam rangka menyambut peringatan HUT Koopsudnas Tahun 2023, Komandan Kosek IKN Marsma TNI Setiawan beserta personel Kosek IKN berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Staf Kesehatan Koopsudnas bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bekasi di Gedung Leo Wattimena Koopsudnas Jakarta. Rabu (18/01/2023).

Donor darah yang di selenggarakan bertujuan untuk solidaritas kemanusiaan dan membantu sesama yang  membutuhkan akan darah, selain itu juga donor darah secara masal seperti ini membantu Palang Merah Indonesia akan ketersediaan darah, dengan mendonorkan darah kita bisa menyelamatkan nyawa seseorang, banyaknya orang di luar sana yang sedang berjuang mempertahankan hidup mereka, terlebih yang sedang membutuhkan pada saat operasi karena kekurangan darah dan sedang menunggu orang yang ikhlas untuk mendonorkan darahnya.

Sebelum donor darah dilakukan, tenaga medis akan memeriksa kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa pendonor memenuhi syarat. Jika semua syarat terpenuhi, tenaga medis akan memasukkan jarum steril ke pembuluh darah vena lengan untuk pengambilan darah.

Manfaat donor darah tidak hanya dapat dirasakan penerima, tapi juga bagi pendonor seperti Menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu mendeteksi dini penyakit tertentu dan mendeteksi penyakit serius, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C.

Dari kegiatan tersebut di atas terkumpul 150 kantong darah dari pendonor yang berasal dari Satuan TNI Angkatan Udara di Wilayah Lanud Halim Perdanakusuma antara lain Koopsudnas, Koopsud I, Kosek IKN, Yonko 461 Kopasgat dan Denhanud 471 Kopasgat.

Post a Comment

Previous Post Next Post