Bullying Terus Terjadi, Pendidikan Islam Menjadi Solusi


By : Siti Suryani S.Pd

Problematika pendidikan seakan tak ada habisnya.  Salah satu masalah yang terus terjadi di dunia pendidikan adalah kasus bullying. Bullying merupakan salah satu tindakan tidak terpuji yang merugikan korbannya bahkan hingga mempengaruhi kesehatan psikisnya. 

Baru-baru ini viral kasus bullying yang dilakukan oleh para pelajar di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, yang tega menganiaya seorang nenek yang diduga ODGJ (orang dalam gangguan jiwa).

Aksi penganiayaan ini diketahui terjadi pada Sabtu (19/11). Di mana keenam pelajar itu terlihat dengan sengaja menendang nenek tersebut dan tanpa merasa bersalah mereka tertawa terbahak-bahak setelah melakukan aksinya itu.  

Hal ini jelas membuat geram banyak pihak.  Pasalnya apa yang dilakukan para pelajar tersebut sungguh tidak manusiawi. Para pelajar yang notabene adalah seorang anak muda harusnya memiliki sikap yang hormat terhadap orang yang sudah tua.  Tetapi mereka malah dengan sengaja melakukan tindakan kekerasan dengan alasan iseng-iseng saja.  

Kasus bullying semacam ini bukan yang pertama terjadi.  Pasalnya kasus bullying sudah sering kali dilakukan oleh para pelajar di dalam atau bahkan diluar sekolah.  Hal ini menunjukkan bahwa moral generasi sekarang sudah sangat buruk.  

Para pelaku bullying pun tidak mendapatkan sanksi yang tegas.  Hal itu dikarenakan mereka masih tergolong anak dibawah umur. Ketidak tegasan itulah yang menyebabkan kasus bullying sulit dihilangkan dan terus menjamur di Indonesia. 

Perilaku buruk yang dimiliki para pelajar merupakan salah satu bukti kegagalan sistem pendidikan dalam mencetak anak yang berakhlak mulia. Sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia menggunakan sistem sekulerisme yang menjauhkan agama dari kehidupan hal tersebut mempengaruhi adab dan akhlak para siswa. 

Berbeda dengan sistem pendidikan islam yang menjadikan akidah sebagai landasan dan mampu menghasilkan pelajar yang berkepribadian mulia.  Dalam sistem pendidikan islam adab sangatlah penting. Para penuntut ilmu diharuskan memiliki adab yang baik sebelum mempelajari banyak ilmu.  Pasalnya orang yang beradab pasti bisa memuliakan orang-orang disekitarnya dan bisa pula mengamalkan ilmunya dengan baik. 

Wallahualam..

Post a Comment

Previous Post Next Post