Rapat Paripurna HUT Kabupaten Sarolangun Ke-23 Tahun 2022 Berlangsung Khidmat


NUSANTARANEWS.NET, SAROLANGUN
- Rapat Paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sarolangun ke-23 tahun 2022, Selasa (25/10/2022) di gedung DPRD Sarolangun berlangsung dengan khidmat.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, didampingi Wakil Ketua I DPRD Sarolangun Aang Purnama, SE, Wakil Ketua II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan, serta para anggota DPRD SarolaS.NETngun.

Peringatan HUT Kabupaten Sarolangun dihadiri langsung Gubernur Jambi Dr H Alharis, S.Sos, MH beserta istri Hj Hesnidar Haris, SE, Anggota DPRD Provinsi Jambi H Hafis Hasbiallah, SE, Kabinda Jambi Brigjend Pol Drs. Irawan David Syah, SH, MH, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM beserta istri Ny Harvedrida Henrizal, Bupati Batanghari M Fadhil Arief, SE serta para Bupati Kabupaten Tetangga.

Selain itu, hadir juga para pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, unsur forkompinda Kabupaten Sarolangun, para Ketua DPRD Kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dan Kabupaten Tetangga, tokoh masyarakat, ormas, OKP dan LSM di Kabupaten Sarolangun.

Menariknya lagi, turut dihadiri juga para Mantan Bupati Sarolangun  H Muhammad Madel, Drs H Cek Endra, H Mariyadi Syarif, serta mantan Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari  mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jambi beserta seluruh tamu undangan dalam rangka menghadiri peringatan ulang tahun Kabupaten Sarolangun yang menginjak usia 23 tahun.

Rapat paripurna Peringatan HUT ke-23 seyogyanya dilaksanakan pada 12 Oktober 2022 sebagai hari jadi kabupaten Sarolangun, namun hari ini baru dapat dilaksanakan dengan tidak mengurangi rasa khidmat.

“Kita jadikan momentum ulang tahun hari ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT dan rasa cinta kita kepada tanah air kita. Makna ulang tahun kabupaten sarolangun, sudah selama 23 tahun usia kabupaten sarolangun tentunya sebagai momentum untuk mengintropeksi diri dan mengevaluasi program pembangunan daerah,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM mengatakan bahwa pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini telah bisa menghasilkan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Untuk mengukur keberhasilan dalam upaya pembangunan kualitas hidup manusia dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana pada tahun 2021 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sarolangun mengalami perbaikan menjadi 70,25 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 69,96 atau mengalami kenaikan sebesar 0,29 Point.

Iapun Mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama DPRD Sarolangun, unsur forkompinda Sarolangun, ASN dan lapisan masyarakat Sarolangun.

“Tema HUT kabupaten Sarolangun bersatu Sarolangun kuat, bertekad lebih kuat. Memiliki makna dalam upaya untuk bersatu dan bertekad meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sarolangun,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Sarolangun juga memaparkan sejumlah  pelaksanaan pembangunan yang telah dicapai Kabupaten Sarolangun, diantaranya pada bidang infrastruktur jalan, sampai dengan tahun 2021 Kabupaten Sarolangun memiliki panjang jalan kabupaten sepanjang 1.167,82 km dengan jalan kondisi baik sepanjang   858,2 km atau 73,49 persen.

" Saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah mendukung pelaksanaan program pembangunan daerah di Kabupaten Sarolangun melalui program dana provinsi dan program Dumisake,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi AlHaris meminta dalam momentum peringatan ulang tahun Kabupaten Sarolangun ini agar dijadikan sebagai untuk mengevaluasi capaian program pembangunan daerah yang telah dilaksanakan, untuk peningkatan pembangunan di masa mendatangai baik dari segi pelayanan publik, pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta diharapkan Kabupaten Sarolangun bisa menjadi daerah yang mandiri dan dibanggakan oleh masyarakatnya.

“Ulang tahun ini bukanlah kegiatan seremoni, tetapi melainkan untuk melakukan evaluasi program pembangunan, yang baik akan ditingkatkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pembangunan daerah ini saya mengapresiasi berhasil hasil dan capaian pembangunan daerah yang telah dicapai,” katanya.

Untuk di Provinsi Jambi pada umumnya, bahwa pertumbuhan ekonomi di Jambi merupakan yang terbaik di wilayah Sumatera. Menurut, Alharis bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi saat ini di tengah pandemi Covid-19 mencapai 5,4 persen.

“Itu ternyata dikarenakan oleh tambang CPO yang ada di Jambi, artinya pertumbuhan ekonomi 5,4 persen itu dikarenakan tambang dan CPO. Sudah saya sampaikan dengan bapak presiden agar jalan lintas Jambi dilebarkan, karena aktivitas kendaraan yang padat, truk angkutan batubara ditambah kendaraan umum,” katanya.

“Tugas kami bagaimana solusi permanen, bahwa ada dua perusahaan yang serius untuk mengeruk sungai sehingga bisa lewat Batanghari dan kemudian kami bersama Bupati Batanghari membuat jalur jalan simpang karmeo dengan hemat jalan 15 Kilometer menuju ke Jambi,” kata dia menambahkan.

Alharis juga menjelaskan untuk tahun 2023 mendatang, bahwa Pemerintah Provinsi Jambi tetap mengalokasikan anggaran pembangunan jalan simpang pelawan-kecamatan Batang Asai, melalui multi years APBD Provinsi Jambi disamping dari anggaran Dua Milyar Satu Kecamatan dan Bantuan dana provinsi untuk seluruh desa.

“Kemudian saya minta agar pemerintah kabupaten/kota untuk tetap perhatikan angka kemiskinan ekstrim mari kita mulai benahi bersama-sama yang penghasilan Rp 1 juta ke bawah. Begitu juga untuk gagal ginjal akut pada anak, di Jambi sudah ada ditemukan, dan kita himbau kepada masyarakat agar ketika anak-anak kita sakit agar jangan langsung minum obat sirup di apotik tapi cek ke dokter,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jambi AlHaris juga melalukan pemotongan kue tumpeng HUT Kabupaten Sarolangun didampingi Penjabat Bupati Henrizal dan Pimpinan DPRD Sarolangun, serta menyerahkan nasi tumpeng tersebut kepada Mantan Bupati Sarolangun mulai dari H Muhammad Madel, H Maryadi Syarif dan Drs H Cek Endra. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post