PJ Bupati Sarolangun Bersama Forkompinda Pantau Langsung Pilkades Serentak Tahun 2022


NUSANTARANEWS.NET, SAROLANGUN
- Pesta demokrasi masyarakat Sarolangun dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I tahun 2022 di 57 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun berjalan lancar dan kondusif, Rabu (19/10/2022).

Dimana Pilkades serentak ini mendapatkan sorotan langsung dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), meskipun berlangsung secara zoom meeting.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM, didampingi Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kabag OPS Polres Sarolangun Kompol A Bastari Yusuf, Kajari Sarolangun Bobby Ruswin, Mayor Inf Usman mengikuti rangkaian zoom meeting dengan Kemendagri di TPS Desa Lubuk Sayak, Kecamatan Pelawan.

Kasubdit Fasilitasi Administrasi Pemerintah Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Ratna Andriani di zoom meeting mengatakan bahwa pihaknya meminta agar pelaksanaan Pilkades serentak ini tetap menerapkan protokol kesehatan dan meminta Panitia Pelaksana memperhatikan betul masyarakat yang menggunakan hak suaranya agar tidak berkerumun.

Ia juga menyebutkan jika pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi untuk Sarolangun melaksanakan Pilkades. Dengan tetap menjaga keamanan dan kondusifitas, karena menurutny Pilkades rawan terjadi gesekan antar pendukung dari calon Kades.

Sementara itu, Pj Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sarolangun tentunya sudah sangat siap dalam melaksanakan Pilkades serentak ini, setelah sebelumnya pada tahun 2021 lalu juga sudah sukses dalam melaksanakan kegiatan Pilkades secara serentak.

" Tahun 2021 lalu Pilkades serentak di Kabupaten Sarolangun, juga berjalan aman dan lancar. Itulah yang membuat keyakinan kami," sebutnya saat melakukan monitoring ke lapangan bersama Forkopimda, Rabu (19/10/2022).

Pj Bupati Henrizal juga menambahkan dalam pesta demokrasi ini partisipasi pemilih rata-rata mencapai angka 80 persen, sementara 20 persen masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya, karena memang sudah meninggal dunia, berada di daerah perantauan, dan sedang bekerja di perusahaan.

" Partisipasi masyarakat cukup tinggi, dan keamanan seluruh TPS sampai dengan saat ini berjalan dengan baik dan kondusif," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh panitia, PPS dan KPPS untuk melaksanakan tugas sesuai aturan dan semoga tidak menimbulkan sengketa dan menghasilkan Kepala Desa yang amanah dan bermanfaat bagi masyarakat. (SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post