Atasi Kesulitan Masyarakat Perbatasan Dengan Karya Bakti

.


Bengkayang, nusantaranews.net – Sebagai wujud kepedulian terhadap warga masyarakat perbatasan, Pos Sei Saparan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 645/Gty dipimpin Serda Viriski beserta 4 (empat) orang anggota mengajak masyarakat diperbatasan untuk melaksanakan perbaikan akses jalan menuju dusun saparan, bertempat di Dusun. Saparan Desa. Kumba Kec. Jagoibabang Kab. Bengkayang.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Gabma Entikong Kec. Entikong Kab. Sanggau, Selasa (13/9/2022).

Dansatgas menyampaikan, bahwa kegiatan karya bakti tersebut dilaksanakan secara terus-menerus dengan berpindah lingkungan dan tempat sasaran. 

"Hal ini, bertujuan agar jalan-jalan yang dilewati oleh masyarakat disini aman terhadap pengendara bermotor dan selalu bersih sehingga menjadi sehat dan nyaman untuk dilewati, serta yang paling penting bisa menjadikan budaya hidup bergotong royong dan peduli terhadap lingkungan sekitar” ujarnya.

Dansatgas mengatakan, Selain Tugas Pokok Satgas Pamtas Mengamankan Wilayah Perbatasan, Menjaga Pilar Batas Negara Serta Mencegah Masuknya Barang-Barang Illegal, Satgas Pamtas juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial (Binter) mengatasi kesulitan rakyat khususnya kepada warga masyarakat perbatasan Kalbar sektor barat RI-MLY, serta menjalankan perintah arahan dari Bapak Kasad Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang tertuang dalam Perintah Harian KASAD poin 5 yaitu “TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi”. 

" Dari rakyat dan akan kembali lagi ke rakyat itulah Prajurit TNI, maka kami akan selalu berusaha agar keberadaan kami di perbatasan ini dapat bermanfaat banyak bagi masyarakat sekitar perbatasan, sehingga setiap kegiatan apapun kami bisa saling mendukung demi kepentingan bersama demi tetap tegaknya NKRI,"  imbuhnya.

Pembinaan teritorial karya bakti ini yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Kepada masyarakat atau warga diperbatasan dengan tujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara prajurit TNI dengan komponen masyarakat wilayah perbatasan sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat terbina dengan baik. (Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)

Post a Comment

Previous Post Next Post