Hijab Identitas Muslimah


Oleh Dewi Kusuma
(Pemerhati Umat)

Seorang muslimah dikenali dengan cara berpakaiannya. Kewajiban menutup aurat adalah mutlak sesuai dengan firman Allah Swt, yang tertuang dalam QS Al-Ahzab:59 dan An-Nur:31.

Betapa mulianya kedudukan seorang wanita dalam Islam, sehingga Allah mengatur secara khusus bagaimana cara berbusana seorang muslimah. Kewajiban mengenakan hijab diperuntukkan untuk seorang muslimah yang sudah balig. Pakaian ini wajib digunakan saat keluar rumah.

Kedudukan seorang wanita sangatlah penting karena mereka sebagai calon ibu yang akan melahirkan anak-anak yang sangat dinanti bagi sebuah rumah tangga. Setiap keluarga pasti sangat mendambakan hadirnya anak-anak sebagai penerus generasi. Di bawah asuhan seorang ibu maka generasi pewaris keturunan akan dididiknya sebagai generasi salih. 

Dikutip dari detik.com Jateng Jogja
Sleman - Seorang siswi kelas 10 di SMAN 1 Banguntapan mengaku dipaksa berhijab oleh guru BK di sekolah tersebut. Akibat pemaksaan itu, siswi tersebut depresi dan sampai saat ini mengurung diri.
Yuliani selaku pendamping siswi tersebut mengatakan pemaksaan itu dilakukan saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Awalnya saat MPLS, siswi tersebut baik-baik saja dan mulai tertekan saat dipanggil guru BK.

"Itu ada MPLS mengenal lingkungan sekolah itu anaknya nyaman-nyaman aja tidak ada masalah. Terus masuk pertama itu tanggal 18 Juli itu masih nyaman. Kemudian tanggal 19 menurut WA di saya ini, anak itu dipanggil di BP diinterogasi 3 guru BP," ujar Yuliani ditemui di ORI perwakilan DIY, Jumat (29/7/2022).

Berita ini tentu membuat miris bagi kita yang hidup di era now. Dimana diabaikannya aturan yang datangnya dari Allah Swt. Padahal Allah telah menciptakan bumi dan seisinya ini lengkap dengan aturan-aturan-Nya.

Dalam Islam seluruh lini kegiatan telah diatur secara kompleks. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi tak ada sedikitpun yang terlewat dari aturan Allah.
Betapa Allah sangat menjaga seluruh ciptaan-Nya. Islam mengatur bagaimana cara seorang muslimah berpakaian. Mengatur masalah muamalah dan juga pergaulan. Mengatur masalah kelestarian lingkungan hidup dan juga pemanfaatan lingkungan. Adapun tujuan dari diciptakannya manusia sebagai makhluk hidup yang paling sempurna adalah hanya untuk beribadah kepada-Nya. 

Betapa sulitnya hidup di era yang tidak menerapkan aturan Allah. Sekadar memakai hijab pun menjadi suatu permasalahan yang rumit. Terkesan dipaksakan dan menimbulkan depresi.

 Padahal Allah telah mengatur secara gamblang dalam firman-Nya, yang tertuang dalam QS. al-Ahzab:59
"Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Juga dalam QS An-Nur :31
"Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat."

Sungguh mulia Allah Swt  menjaga kehormatan seorang muslimah. Betapa nyamannya hidup dalam naungan sistem Islam. Saatnya kembali kepada aturan Allah Dzat Yang Maha Kuasa, yang sangat menjaga kehormatan seorang wanita, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Hanya dengan penerapan sistem Islam secara kafah maka kehidupan akan menjadi tenteram, aman dan nyaman sehingga menjadi rahmatan lil alamiin. Tunggu apalagi tak inginkan kita mendapatkan keberkahan dan keridaan Allah? Utamakan untuk taat kepada aturan Allah, jadilah diri menjadi insan yang bertakwa dengan menerapkan sistem Islam secara sempurna.

Wallahu a'lam bishowwab

Post a Comment

Previous Post Next Post