Kasus Gelombang 4, Butuh Solusi Tepat


Oleh Nia Hanianti
(Ibu Rumah Tangga dan Aktivis Dakwah)


Dilansir dari Jawapos.com, sub varian OMICRON BA.4 dan BA.5 membuat situasi kasus covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Dalam sehari sejak ditemukannya 20 kasus sub varian tersebut di tanah air, kasus covid-19 melebihi seribu kasus/hari. Para ahli memprediksi kasus covid-19  di tanah air bisa menembus 20 ribu sehari dan memicu gelombang ke 4.
"Jelas BA.4 dan BA.5 memicu gelombang ke 4 di Indonesia, akan ada peningkatan kasus infeksi itu bisa di prediksi," kata epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman kepada Jawapos.com. (17/6/2022)

Akan tetapi, kata Dicky, patut diingat bahwa saat ini dengan modal imunitas populasi sudah divaksinasi 2 dosis dan booster, maka jika pun terinfeksi covid-19 akan banyak yang tak bergejala, dan semakin acuhnya masyarakat melakukan testing, maka akan sedikit kasus yang terdeteksi.

Dicky membenarkan bahwa bisa saja muncul 20 ribu kasus dalam sehari, namun itu tak terdeteksi seluruhnya, hal itu karena masyarakat banyak yang tak bergejala dan enggan untuk melakukan tes antigen atau PCR. "Ditambah dari sisi pemerintah kapasitas testing kita tak baik, Indonesia bukan masuk kategori negara strategi testing dan tracing yang masif, ditambah kebiasaan masyarakat kita kalau sakit di rumah saja, ya bisa saja yang terdeteksi 20 ribu an bisa lah, kurang juga bisa karena banyak yang tak mau periksakan diri", ungkap nya.

Rakyat membutuhkan peran negara untuk menjaga kesehatan dan pengobatan. Apalagi di masa merebaknya wabah, negara seharusnya hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis dan perlindungan kepada rakyatnya secara menyeluruh serta jaminan hidup yang tidak bisa dipenuhi warga secara mandiri.

Dalam Islam, penguasa adalah orang yang diamanahi berbagai urusan dalam kemaslahatan rakyat yang akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah Swt. atas amanah yang diembannya. Untuk itu sudah seharusnya kita kembali kepada sistem Islam yang akan mewujudkan harapan besar umat yaitu mewujudkan serta memiliki pemimpin yang adil, jujur dan takut pada Allah Swt., sehingga segala yang diperbuatnya akan terikat dengan aturan Sang Khalik. Sudah saat nya kita hijrah merapatkan barisan dengan sistem Islam kaffah, yang merupakan solusi hakiki dalam segala aspek kehidupan.

Wallahu'alam bishawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post