Selaku Ketua PPIH, Kankanwil Jelaskan Layanan Haji di Embarkasi Padang Pada TV Nasional


Nusantaranews.net, Sumbar - Kakanwil Kemenag Sumbar H. Helmi yang didampingi Kabid PHU H. Joben menyampaikan proses layanan Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) dan Pembantu Petugas Ibadah Haji (P3IH) embarkasi Padang mulai dari asrama sampai melepas jemaah haji di Bandara Internasional Minang (BIM).

Kakanwil menyebutkan pelayanan yang diberikan kepada jemaah haji yang berangkat melalui Embarkasi Padang telah dijalankan secara prima, sesuai prosedur dan dapat berjalan baik.

Sebut Kakanwil, petugas embarkasi Padang melayani jemaah haji sebanyak delapan kloter yang terdiri dari lima kloter asal Sumbar dan tiga kloter asal Bengkulu.

Kakanwil selaku ketua PPIH asrama haji Padang juga menerangkan inovasi layanan yang diberikan terhadap jemaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang.

"Tahun ini, ada beberapa inovasi layanan yang diberikan kepada jemaah haji yang berangkat melalui asrama haji Padang, " ungkap Kakanwil.

Diantaranya awal sekali, kata H Helmi setiap jemaah haji yang datang akan disambut dengan lantunan sholawat badar oleh petugas, sebelumnya seluruh petugas telah dipastikan negatif covid melalui uji Rapit test.

" setelah disambut dengan sholawat badar maka jemaah akan dipersilahkan masuk aula kedatangan dengan disuguhkan konsumsi, diberikan gelang pengenal, dipandu masuk asrama untuk rehat sejenak, layanan kesehatan, pemberian living cost, bimbingan dan baru dilepas secara resmi oleh pejabat yang telah ditunjuk sebelum menuju BIM", terang Kakanwil.

Sedangkan untuk jemaah haji asal Bengkulu, H Helmi mengatakan pelayanan tetap diberikan seperti penyambutan yang sudah dimulai dari garbarata pesawat dengan lantunan sholawat badar, diberikan konsumsi, layanan kesehatan kalo ada yang membutuhkan dan diantar langsung sampai ke tangga pesawat untuk diberangkat ke tanah suci.

" Alhamdulillah, segenap jemaah haji dan terkhusus asal Bengkulu tampak senang dan nyaman selama dilayani petugas yang ada dari embarkasi Padang, " pungkas Kakanwil.

Sedangkan Kabid PHU selaku sekretaris PPIH embarkasi ikut menyatakan bahwa untuk jemaah haji yang akan berangkat mulai di asrama termasuk selama di BIM telah diberikan secara maksimal.

"Untuk di bandara kita telah mempelajari dan mitigasi bagaimana bentuk layanan yang akan diberikan termasuk untuk penyambutan dan pemberangkatan jemaah haji Bengkulu di BIM", tutur H Joben.

H Joben juga menyebutkan petugas yang melayani jemaah haji selama di bandara memang jumlahnya dibatasi dan hal ini sudah sesuai SOP di bandara. rzk

Post a Comment

Previous Post Next Post