Empat Cara Meraih Ketakwaan

 

Di hadapan sekitar 80 ibu-ibu dan remaja putri Kota Depok, Ustazah Dewi Purnasari mengungkapkan, ada empat cara meraih ketakwaan.

“Setidaknya ada empat cara bagaimana seorang Muslim meraih ketakwaan,” ujarnya dalam acara Kajian Muslimah (Kamus) Shalihah: Kembali ke Fitrah Kembali ke Syariah, Ahad (29/5/2022) di MT Al-Hidayah, Kampung Utan, Cipayung, Depok.

Pertama, sarana untuk meraih ketakwaan di antaranya adalah dengan beribadah di bulan Ramadhan. Kedua, Ketakwaan hanya bisa diraih jika ibadah di bulan Ramadhan tidak hanya dilakukan sebagai kegiatan ritual saja. Ketiga, bertakwa harus di setiap tempat dan di setiap waktu. Keempat, Bertakwa harus menjadi jalan hidup bagi setiap Muslimin.

Menurutnya, meraih ketakwaan harus dengan sungguh-sungguh. Kemudian ia pun membacakan hadits Riwayat Imam Ahmad dari Abu Dzar al-Ghifari ra., yang artinya, “Rasulullah SAW bersabda, “Bertakwalah kepada Allah di mana pun kau berada, dan hendaknya setelah melakukan kejelekan engkau melakukan kebaikan yang dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik.”

Makna Takwa

Dalam acara tersebut hadir pula Ustazah Weni Triana menjelaskan makna takwa. Ia pun mengutip empat makna takwa menurut Syaidina Ali bin Abi Thalib ra. Pertama, takut kepada (Allāh) Dzat Yang Maha Agung.

Kedua, mengamalkan ajaran (wahyu) yang diturunkan (kepada Rasul-Nya Shallallahu alaihi wa sallam, yakni Al-Qur’ān. Ketiga, ridhā (merasa cukup, qanā’ah) dengan rezeki karunia Allāh yang –meskipun– sedikit. Keempat, mempersiapkan diri (berbekal) untuk hari kepergian (kematian).[] Siti Aisyah

 


Post a Comment

Previous Post Next Post