SMAN 1 Suliki Laksanakan Pagelaran Seni dan Budaya Dalam Rangka Ujian Praktek


Nusantaranews.net, Limapuluh Kota
- SMAN 1 Suliki merupakan salahsatu SMA Penggerak yang ada di Sumatera Barat.  Dua  di kabupaten Limapuluhkota SMA penggerak tersebut yaitu SMAN 1 Akabiluru serta SMAN 1 Suliki. Dan pada hari Rabu (9/3). SMAN  1 Suliki mengadakan acara Panen Proyek Kewirausahaan Program Sekolah Penggerak Kelas 10E  dan Pagelaran Seni Budaya Dalam Rangka Ujian Praktek tahun ajaran 2021-2022 yang dilaksanakan di halaman sekolah. 

SMAN 1 Suliki Sumatera Barat terpilih menjadi proyek percontohan pelaksanaan program Sekolah Penggerak yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari 283 dari sekolah swasta dan negeri Se-Indonesia yang seleksinya dilaksanakan pada tahun 2021 lalu oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Kepala Sekolah SMAN 1 Suliki Drs. Eriswan M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita bersyukur dengan lulusnya SMAN 1 Suliki sebagai salahsatu SMA Penggerak di Indonesia. 

Disampaikannya bahwa seleksi sebagai SMA Penggerak dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2021 lalu yang diikuti oleh 283 SMA Swasta dan Negeri,  dan di Sumatera yang lulus tersebut 5 dari Padang dan 2 dari Kabupayen Limapuluhkota.

SMA penggerak merupakan pengembalian karakter siswa yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluhkota diwakili oleh Drs, Yulnifen Hendri   mengatakan Kabupayen Limapuluhkota terpilih bersama dengan 132 kabupaten/kota serta dari  283 Sekolah Penggerak di Indonesia sebagai proyek percontohan Program Sekolah Penggerak tahun ajaran 2021/2022.

"Kami menyambut gembira terpilih menjadi bagian Program Sekolah Penggerak, sehingga akan mendorong percepatan peningkatan kualitas sekolah di Kabupaten Limapuluhkota" ujarnya

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Program sekolah penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul baik dari kepala sekolah dan guru.

Program tersebut merupakan penyempurnaan transformasi sekolah dengan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak", ujar Yulnifen.(rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post