PORBBI AGAM, Implementasikan Kepedulian

Ketua PORBBI AGAM, Amril Hamzah, serahkan Dana Bantuan, pada Ahli Waris Almarhum Ucok.

Agam, Nusantaranews.net, - Meski dalam hitungan hari Pasca dilantik Ketua beserta Pengurus PORBBI Agam, lakukan berbagai Kegiatan Bhakti Sosial diberbagai Daerah Toritorialnya Kabupaten Agam.

Salah satunya Ketua PORBBI AGAM, Purn TNI Amir Hamzah, yang didampingi beberapa Anggotanya melakukan Giat Sosial dan kunjungan ke salah satu kediaman warga Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Rabu (26/01) siang.

Pada Kesempatan ini, Ketua beserta Pengurus PORBBI AGAM lainnya bukan hanya sekedar lakukan kunjungan dan silaturahmi biasa, melainkan wujudkan salah satu bentuk Implementasi kepedulian terhadap warga yang dianggap membutuhkan.

Rasa peduli dan simpatik Ketua PORBBI AGAM, beserta jajarannya ini di imlpementasikan dalam bentuk Bantuan Dana Sosial yang dikumpulkan dari Sumbangan yang didapat dari Patungan Pengurus dan Pencandu Olah Raga Buru Babi, yang tergabung dalam PORBBI AGAM.

Hal ini disampaikan Sekretaris PORBBI Agam, Dodi Raswandi, melalui Pesan Singkat Whatsap bersama Awak Media Nusantaranews.net, Rabu (26/01) mengatakan, " Bantuan ini diberikan untuk meringankan beban salah seorang warga Kecamatan Tilatang Kamang, yang sawahnya tergadai, sebesar Rp 5 juta, sebagai ganti rugi Kekilafan.

Lebih lanjut, Dodi, menjelaskan," Kala itu di Daerah setempat ada kegiatan Acara Buru Babi (Baca-PORBBI)  Buru Legaran Anak Nagari Tilatang Kamang dan Kamang Magek dibawah Koordinasi Panitia PORBBI, Minggu 5 Juli 2020 pada saat Ucok sang Pemilik Itik, melihat seekor ternak (Anjing-red) milik Pemburu masuk ke lokasi kurungan dan memakan itik di sawah miliknya, karna kesal ucok menebas anjing itu dengan sebilah parang dan mati.

Terkait Persoalan ini, setelah melalui Proses Musyawarah Pengurus PORBBI  yang melibatkan beberapa unsur terkait di Daerah setempat, Ucok dinyatakan bersalah dangan Konsekwensi harus mengganti ternak (Anjing) yang mati itu senilai Rp 5 juta, berhubung saat itu Ucok sedang mengalami kesulitan keuangan, maka dengan terpaksa ucok harus menggadaikan sawahnya pada tetangga senilai yang telah disepakati.

Namun apa dinyata selang beberapa bulan berlalu sebelum hutang (Gadai) sawah terselesaikan Allah berkehendak lain, ucok dipanggil sang khaliq (Meninggal Dunia-red) dan meninggalkan warisan hutang terhadap keluarga yang ditinggalkan.

"Saat ini indak dicari asa jo usua, indak dicari sia nan salah" ungkap Dodi,dalam Bahasa Minang, sebagai salah satu bentuk Wujud Kepedulian Ketua dan Pengurus PORBBI AGAM, beserta para Dermawan lainnya berinisiatif untuk meringankan beban Keluarga Almarhum dalam bentuk Sumbangan Dana Penebus Sawah yang digadaikan, " Terang Dodi.

Besarnya Bantuan Dana yang tidak disebutkan Nominalnya itu, diserahkan langsung oleh Ketua PORBBI AGAM, Amir Hamzah, bersama beberapa Anggota Pengurus serta Wali Nagari Koto Tangah, Amrizal Gunawan Dt. Maruhun Basa, yang diterima Ahli Waris, Kakak Almarhum, "ZA" dikediamannya di jorong Sonsang, Kenagarian Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, pada Rabu (26/01).

Dalam hal ini, selain turut serta mensukseskan Program - program Pemerintah PORBBI Agam, tidak hanya menititik beratkan pada Kegiatan Olah Raga Buru Babi, melainkan juga Pro Aktif dalam berbagai Kegiatan Sosial Kemasyarakatan serta membantu Pemerintah di Bidang Recue, mengingat Kabupaten Agam, secara Agraris termasuk dalam Kategori Daerah Rawan Bencana. sepanjang itu Organisasi PORBBI AGAM sangat bermanfaat bagi Petani juga Warga sehingga tidak ada  Pihak manapun juga yang merasa dirugikan, "Pungkas Dodi menjawab Nusantaranews.net. (Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post