Penyuluhan Pengelolaan Wirausaha Pelaku UMKM

.

Wonosobo, nusantaranews.net - Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII Kodim/Wonosobo menyelenggarakan senam bersama dilanjutkan dengan penyuluhan pengelolaan wirausaha kepada perwakilan pelaku UMKM Kecamatan Kalikajar bertempat di Koramil 07/Kalikajar. Jumat (21/1).

Dalam kesempatan tersebut Ny. Erlina Rahmat selaku ketua Persit Cabang XXVII Kodim 0707/Wonosobo menyampaikan para pelaku usaha harus sehat,  jika kondisi sehat bisa berpikir jernih dan melakukan aktivitas dengan baik. Sehingga usaha kita berjalan lancar.

" Untuk itu kami ajak para pelaku UMKM ini dengan senam bersama dengan harapan tubuh kita menjadi bugar disamping itu komunikasi antar pelaku UMKM ini semakin harmonis," kata Ny. Erlina Rahmat.

Lebih lanjut disampaikan kegiatan penyuluhan wirausaha ini  mempunyai tujuan agar pelaku UMKM bisa mengembangkan usahanya lebih baik dari sebelum mendapatkan penyuluhan.  

Ny. Erlina Rahmat mengutarakan beberapa kiat dalam melaksanakan bisnis usaha agar sukses adalah yang pertama pertama adanya niat.  Niat yang mulia dan kuat akan menjadi salah satu doa dan semangat agar usaha lebih giat sehingga saat ada kendala kita akan tetap maju pantang mundur.

Kait yang kedua yaitu menyusun anggaran.  Kita harus tahu berapa modal yang kita keluarkan untuk membuat suatu produk atau barang. Sehingga kita paham berapa barang tersebut kita jual. Dan yang tidak kalah penting adalah anggaran usaha jangan dicampur aduk dengan anggaran rumah tangga.

Kiat yang ketiga adalah modal.  Modal tidak harus besar yang penting ada disesuaikan dengan kemampuan kita. Dan modal tidak harus uang akan tetapi hubungan yang baik dengan sesama teman itu bisa menjadi modal usaha.

" Promosi yang baik menjadi salah satu kiat dalam usaha.  Saat ini banyak cara kita promosi seperti lewat media sosial (facebook, instagram, tik tok dan lain lain).  Dan yang tidak kalah penting adalah kita harus memiliki merk/brand.  Dengan adanya merk orang akan mudah mencari produk kita," Pungkas  Ny. Erlina Rahmat.


Post a Comment

Previous Post Next Post