Disdikjar Kabupaten Pasaman, melalui Kabid Dikdas Ahdi Susanto : “Akan Turun Verifikasi Ke SD Negeri 01 Muara Tais Timur”



Pasaman - nusantaranews.net,

Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Pasaman telah merencanakan untuk melakukan verifikasi faktual ke SD Negeri 01 Muara Tais Timur sebagai tindak lanjut berita media terkait dugaan penyimpangan dana BOS dan penggelapan bea siswa PIP yang diberikan pemerintah kepada siswa miskin di sekolah tersebut.

Demikian disampaikan Kabid Dikdas, Ahdi Susanto, M.Pd, kepada awak media. Dikatakan Ahdi Susanto, sehari setelah berita tayang di media, Dinas Pendidikan telah memanggil Darnis, S.Pd, Kepala SD Negeri 01 Muara Tais Timur untuk mempertanyakan materi pemberitaan tersebut. 

Menurut Ahdi Susanto, Darnis, S.Pd membantah. Ahdi Susanto meminta agar pernyataan bantahan tersebut dibuat dan ditandatangani di atas kertas bermaterai yang cukup. Tetapi sampai sekarang ( 27/10 ), surat pernyataan tersebut belum juga diserahkan Darnis, S.Pd ke Dinas Pendidikan. “Ingkarnya Darnis, S.Pd membuat pernyataan di atas materai yang cukup, tentu menjadi indikasi, dan memperkuat pentingnya melakukan verifikasi faktual ke SD Negeri 01 Muara Tais Timur tersebut”, tambahnya.

“Jika hasil verifikasi faktual membenarkan bahwa bendahara BOS tidak pernah dilibatkan dalam pengurusan dan administrasi dana BOS atau terindikasi kebenaran pemberitaan tersebut, Dinas Pendidikan akan menindaklanjuti dengan melaporkan ke Bupati dan menyarankan agar dilakukan pemeriksaan khusus oleh Inspektorat Kab. Pasaman”, tutur Ahdi.

Menanggapi keterangan Ahdi Susanto, beberapa wali murid dan tokoh masyarakat Rumbai, Muara Tais Timur, seperti: ta, Wen, Ad, dll, menunggu realisasinya. “Jangan sampai terkesan, ada pembiaran”, ucap Ita.

Sebelumnya, beberapa media on line memberitakan dugaan penyimpangan penggunaan dana BOS dengan salah satu indikasinya: pengakuan bendahara BOS yang tidak pernah dilibatkan dalam urusan dana BOS. Ditegaskan oleh bendahara tersebut, jika ada tandatangannya dalam administrasi dana BOS, adalah tanda tangan palsu. Disamping pemberitaan persoalan dana BOS, juga terkait pemotongan dana bea siswa PIP yang diterima siswa SD N 01 Muara Tais Timur. (In Psm).

Post a Comment

Previous Post Next Post