Utang Negara Banyak, Rakyat Semakin Terinjak

Oleh Maryatiningsih 
(Ibu Rumah Tangga)


Selama ini rakyat dibuat bingung dengan keadaan ekonomi negeri , karena semakin lama semakin terpuruk serta menggunungnya utang negara. Dengan berbagai alasan pemerintah terus pinjam sana-sini ke negara asing ataupun aseng yang pada akhirnya negeri ini harus tunduk karena ketidakberdayaannya. Keadaan ini membuat rakyat bertanya-tanya, apakah benar alasannya untuk kepentingan rakyat? Seperti yang dilansir oleh JAKARTA-Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menjelaskan alasan di balik keputusan pemerintah terus menambah utang di tengah pandemi Covid-19. Sri Mulyani mengatakan, pandemi Covid-19 sebagai tantangan yang luar biasa dan harus dihadapi. Tidak hanya mengancam manusia, pandemi ini juga mampu merusak perekonomian suatu negara.

“Semua negara di dunia menggunakan instrumen kebijakan untuk bisa menangani pandemi Covid-19 dan dampak sosial ekonomi serta keuangan," ujar Sri Mulyani dikutip dari acara Bedah Buku "Mengarungi Badai Pandemi" di Youtube Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu, Minggu (25/7/2021)

Tetapi alasan Menkeu,  utang untuk selamatkan warga tidak sejalan dengan kebijakan keuangan yang obral insentif untuk BUMN hingga  investasi. Maka di mana letak keadilan  yang tepat dan maksimal untuk warga? Fakta di lapangan masyarakat malah semakin terjepit dan semakin nelangsa. Kondisi yang serba sulit ditambah kebijakan-kebijakan yang jauh dari Islam yang berdampak masyarakat semakin terpuruk. 

Inilah potret nyata yang terjadi di sistem kapitalis saat ini, mereka hanya mengutamakan keuntungan saja yaitu untung yang sebanyak-banyaknya dengan menghalalkan segala cara tanpa peduli dengan nasib orang lain. 
Sistem kapitalis mendorong manusia untuk selalu melakukan apa-apa yang bertentangan dengan lslam. Semua ini karena sistem yang salah yang memiliki pengaruh kuat terhadap sebuah negara. Dengan begitu negara yang tidak bersumber dengan aturan Islam akan semena-mena terhadap rakyatnya. 

Selama sistem ini masih di adopsi dan masih bertentangan dengan syariat Islam maka seterusnya akan melakukan kebijakan-kebijakan salah yang akan berimbas terhadap rakyatnya
 Senantiasa zalim dan membuat mereka hilang kepercayaannya dengan pemerintahan ini. 

Untuk itu kita selaku umat muslim sudah seharusnya memperjuangkan sistem yang sahih yakni sistem Islam, sistem yang terbukti diridai Allah Swt. karena sumber hukum yang di gunakan adalah berasal dari Allah Swt. 
Wallohu a’lam bishshawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post