Ketua DPRD Sarolangun Berharap Kades Terpilih Segera bekerja


N3,SAROLANGUN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun Tontawi Jauhari,SE mengapresiasi mulai dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang berjalan aman, tertib dan lancar, sehingga terpilihnya Kades - Kades terbaik.

Menurutnya, hal itu menunjukkan kematangan para Calon Kepala Desa dan masyarakat di kabupaten Sarolangun dalam berdemokrasi. Hal ini disampaikan Tontawi Jauhari, SE saat menghadiri pelantikan Kades di Kecamatan Bathin VIII, pada Rabu (19/08/2021) kemarin.

Dalam kesempatan itu ia juga berharap kepada seluruh Kades terpilih dan dilantik untuk tidak menunggu, karena kerja sudah didepan mata. Kerjalah bersama - sama dalam membangun desa masing - masing.

" Harapan saya tentunya sama dengan harapan masyarakat, desa yang dipimpin oleh kades terpilih ini bisa lebih baik dan lebih maju lagi kedepannya," sebut Tontawi Jauhari.

Tambahnya, jika ada beberapa yang harus Kades pahami, menurut Permendagri nomor 82 tahun 2015, disebutkan, jika Kades harus menyusun RPJMD dalam rangka pembangunan 6 tahun kedepan dan segera rapat perangkat.

" Menyusun RPJMD dalam rangka pembangunan 6 tahun kedepan dan rapat perangkat itu yang paling penting," ujarnya.

Selain itu Kades harus merangkul semua tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh masyarakat untuk sama - sama membangun dan memperkuat hubungan antar bersama sehingga desa tersebut kuat dan maju.

" Itulah tugas Kades selaku orang yang dituakan. Bisa menjadi contoh dan menjadi pengayomo. Karena maju atau mundurnya Desa tergantung pada Kadesnya. Kalau kades bisa merangkul semuanya maka Desa itu akan maju," kata Tontawi Jauhari,SE.

Kades juga harus transparan dalam mengelola dana yang ada di desa, karena kita ketahui jika di desa banyak sekali dana yang dikelolah, mulai dari ADD, DD maupun dana P2DK. Untuk itulah dalam pengelolaan dana tersebut sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

" Kerjasama dan transparan dalam pengelolaan dana juga yang terpenting," tutup Tontawi Jauhari, SE.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post