Bersama Cegah Diri dari Covid 19



Pandemi adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah luas, misalnya di beberapa dunia atau bahkan di seluruh dunia. Hal itu kerap kali mengakibatkan kerugian-kerugian besar,seperti pada sector ekonomi, kesehatan, pendidikan,dll.Yang lebih mengerikan lagi adalah pandemi yang mengakibatkan banyak korban jiwa, seperti pada pandemi yang sedang kita alami saat ini selama kurang lebih 2 tahun.

Covid-19 yang muncul dari akhir tahun 2019 lalu telah merenggut ribuan korban jiwa, dari usia anak-anak hingga lansia. Berbagai upaya telah diupayakan dari kegiatan mencuci tangan, memakai masker, dan menghindari kerumunan. Pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru untuk menekan angka penularan kasus covid-19 ini. Dari penyuluhan, pembatasan social berskala besar, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat hingga vaksinasi.

Berbagai respon dari lapisan masyarakat bermunculan seiring diberlakukannya kebijakan pemerintah. Dari masyarakat yang patuh mendukung, masyarakat yang cuek hingga masyarakat yang menganggap pandemi ini adalah suatu konspirasi. Namun upaya pemerintah tetap diberlakukan hingga saat ini. 

Para pedagang, pengusaha, pegawai pabrik, influencer, serta terdapampak lainnya saling berpegangan tangan dan saling bahu membahu dalam melewati pandemi ini. Bentuk solidaritaspun bermunculan, seperti menggalang dana, membagikan sembako hingga memberikan bantuan langsung yang dilakukan oleh masyarakat kalangan atas.

Pemerintah banyak bekerja sama dengan BUMN dan pengusaha non BUMN untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi ke seluruh lapisan masyarakat. Hal ini di dukung oleh public figure yang ikut serta mensosialisasikan kegiatan vaksinasi agar angka penularan covid-19 terus menurun. 

Dalam pandangan islampun sebenarnya kita di wajibkan untuk tunduk dan patuh kepada pemerintah, selagi kebijakan-kebijakan yang di keluarkan tidak menyimpang dari ajaran islam itu sendiri.

Jadi aksi masyarakat yang saling bahu membahu dan aksi taat serta mendukung kebijakan pemerintah akan membawa kita kepada keadaan yang lebih baik, sehingga pandemi ini bisa selesai lebih cepat dan hal itu juga wujud dari penerapan etika berbangsa dan bernegara menurut islam.

Penulis :
Meta Pertiwi & Rosila Isna Kumala

Post a Comment

Previous Post Next Post