Pandemi yang takberujung usai karena salahnya penangan


Oleh : Rofiah

Data kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan bahwa kondisi pandemi di Tanah Air semakin memburuk.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 hin gga Kamis (24/6/2021) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 20.574 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.
Penambahan ini merupakan rekor tertinggi jumlah kasus harian selama pandemi virus corona.

Total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 2.053.995 orang.
Selain itu, dalam 24 jam terakhir, jumlah pasien yang sembuh setelah terinfeksi virus corona bertambah 9.201 orang. Dengan demikian, total pasien yang sembuh mencapai 1.826.504 orang.
Pada periode 23-24 Juni 2021, ada 355 pasien Covid-19 yang tutup usia. Kompas.com

Terus berulang minggu2 terakhir ini lonjakan yang sangat drastis dalam kasus varian covid-19 sangat menyesakkan dada antara percaya dan tidak karena memang pemberitaan media simpang siur tapi buktinya tenaga medis pun semakin kewalahan menangani pasien yg terus berdatangan ke RS bahkan klinik2 terdekat.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri kenaikan kasus covid-19 terus berulang dan semakin parah ini meski pemerintah sudah melakukan vaksinasi masal nyatanya semua tak berpengaruh apa2 lonjakan kasus covidpun terus tinggi ini di karenakan abainya pemerintah dalam penangan covid yg memang dari awal telah salah mengambil kebijakan alih-alih Seperti lockdown yang konsekuensinya sangat tinggi untuk membiayai semua keperluan rakyat. Tetapi jika dibandingkan dengan PSBB nyatanya konsekuensinya juga berbiaya tinggi bahkan paparan virus juga tinggi. Begitulah sistem kapitalis memberikan solusi yg bukan nya menyelamatkan nyawa rakyat tpi semakin memperparah keadaan

Maka perlu ditanyakan apakah di negeri ini masih menjadikan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi ataukah mereka lebih baik berprinsip innalillahi wa inna ilaihi raji’un...

Bagaimna cara islam menangani wabah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tha’un (wabah penyakit menular) adalah suatu peringatan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari daripadanya.” (HR Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid). 

Begitulah cara islam menangani wabah agar tidak berkelanjutan seperti yg kita hadapi saat ini dan tugas negara mengedepankan nyawa rakyatnya dari pada menyelamatkan perekonomian dengan ini penanganan wabah akan cepat terselesaikan dan perekonomian pun akan pulih kembali. Maka sudah saat kita menjadikan islam sebagai satu2nya solusi dari semua permasalah yg kita hadapi karna solusi dari islam pasti akan  memuaskan akal serta memberikan ketentraman hati.

Post a Comment

Previous Post Next Post