Lounching Lima Program Unggulan Kan Kemenag Tanah Datar


Usai melakukan peninjauan lokasi pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Datar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi sumatera Barat, H. Hendri bertolak ke Kantor Kementerian Agama Kab. Tanah Datar untuk agenda selanjutnya.

Bertempat di Aula Kan Kemenag Tanah Datar, Kakanwil melaunching lima program inovasi Kan Kemenag Tanah Datar, Rabu (09/09).

Adapun lima inovasi Kan Kemenag Tanah Datar yang dilaporkan Kakan Kemenag Tanah Datar, H. Syahrul yaitu : Manasik Haji Sepanjang Tahun, Bincang bincang Masalah Pernikahan (Baperkah), Zakat Muqayyad (ZaMu),  e-Bimas Islam, dan Madrasah Tahfidz.

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi tinggi serta ucapan terimakasih atas kehadiran berbagai pihak terkhusus Pimpinan Rizano Cipta Mandiri, H. Masrizal yang mewakafkan tanahnya seluas 1.650 M2 untuk pendirian PLHUT. Selanjutnya apresiasi juga disampaikan Kakanwil kepada Kadis Kominfo Tanah Datar, Kepala Rutan Kelas II. B dan Pimpinan Cabang Bank Nagari Syariah.

Kakanwil mengatakan jajaran Kemenag Kabupaten Tanah Datar di Sumbar sudah berada di papan atas dalam melakukan perubahan dalam memajukan Kementerian Agama. Ini terbukti dengan dilaunchingnya lima program unggulan Kan Kemenag Tanah Datar.

Menurut Kakanwil kegiatan ini sangat relevan dengan visi Kementerian Agama yang baru sesuai Renstra Kementerian Agama Tahun 2020/2024, yakni Kementerian Agama yang professional dan handal dalam membangun masyarakat sholeh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. Melalui visi ini ada 4 beban Kementerian Agama yaitu menciptakan masyarakat yang sholeh, masyarakat yang moderat, masyarakat yang cerdas dan masyarakat yang unggul.

Berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Haji dan umrah maka ada 3 kewajiban pemerintah terhadap jamaah haji: pelayanan, pembinaan, dan perlindungan. Atas kewajiban mengenai perlindungan inilah maka Haji untuk tahun ini diundur sekaitan dengan adanya wabah pandemic covid 19.

Terakhir Ka Kanwil Kemenag Sumbar bersyukur dan berterima kasih kepada Kakan Kemenag Tanah Datar yang telah melakukan Launching Manasik Haji Sepanjang Tahun di Tanah Datar. Ia meminta kepada Kakan Kemenag dan Kasi Haji untuk memaksimalkan manasik Haji sepanjang Tahun tersebut, kapan perlu sampai ke Kecamatan dan Nagari di Kabupaten Tanah Datar. 

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan sertifikat tanah hibah dari pimpinan PT. Rizano Cipta Mandiri, H. Masrizal kepada Kakanwil kemudian Kakanwil menyerahkan kepada Kakan Kemenag Kab. Tanah Datar. Dan Kakanwil juga menyerahkan piagam penghargaan kepada H. Masrizal sebagai wujud ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi.

Kepala BPD Syariah Cab. Tanah Datar, Fitri Bahreni juga menerima piagam penghargaan dari Kanwil Kemenag Sumbar yang diserahkan oleh Kakanwil, H. Hendri didampingi Kakan Kemenag Kab. Tanah Datar atas bantuan pembangunan Mushala Kan Kemenag Kab. Tanah Datar melalui CSR Bank Nagari Syariah.

Sebelum Kakanwil resmi melaunching 5 program inovasi Kakan Kemenag Tanah Datar tersebut yang ditandai dengan pemukulan bedug, kakanwil ikut menyaksikan penandatanganan MOU antara Kemenag Kab. Tanah Datar dengan Rumah Tahanan Kelas II.B Tanah Datar terkait Pembinaan Rohani bagi Napi dan mantan napi.

Diakhir acara launching juga dilakukan penyerahan buku Literasi dari perwakilan penulis KPPL Kemenag Kab. Tanah Datar yang telah menghasilkan 169 judul buku diwakili Kasubag Kemenag Tanah Datar, H. Yusmarli dengan judul buku Nasehat Perasaan, Kasi Bimas, H. Ali Nardius dengan judul buku Da'i Zaman Now, dan Ketua KPPL Tanah Datar, Rika Maria dengan judul Buku Manajemen Waktu dan Life Skills kepada Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri didampingi Kakan Kemenag Kab. Tanah Datar.

Hadir dalam acara launching ke 11 di Sumbar tersebut, Kadis Kominfo H.Abrar, Kepala Rutan Batusangkar Buzarjos, Pimpinan PT. Rizano Cipta Mandiri, Pinpinan Bank Nagari Syariah Batusangkar Fitri Bahreni,  Kasubbag TU, Kasi, Ketua IPHI Tanah Datar H.Aulia Rijal, Ketua BPIH H. Nasrul Ismail, Ketua FKKM Tingkat  MA, MTS dan MI. [DW]
Previous Post Next Post