Jeff Bezos, Orang Pertama dalam Sejarah yang memiliki Kekayaan 2.927 triliun


Jeff Bezos semakin dekat dengan gelar bersejarah orang pertama yang memiliki kekayaan USD 200 miliar. Pada hari Selasa, saham Amazon naik 1,2 persen, dan mendorong kekayaan bersih Bezos naik USD 2,2 miliar, ke rekor USD 199,7 miliar atau Rp 2.927 triliun.

Dia memiliki 11,1 persen saham di perusahaan dengan kapitalisasi pasar mencapai USD 1,68 triliun. Karena dia memiliki persentase besar dari raksasa teknologi itu, bahkan pergerakan sekecil apa pun dalam harga saham dapat menambah atau mengurangi miliaran dari kekayaannya.

Dilansir Forbes, rekor itu datang hanya seminggu setelah kekayaan bersih Bezos mencapai USD 197,8 miliar. Kekayaan tertinggi yang dicatat Forbes sejak kami mulai melacak miliarder pada 1982.

Sejak pandemi mengguncang ekonomi pada pertengahan Februari, saham Amazon telah meningkat lebih dari 55 persen, berkat meningkatnya minat untuk belanja online karena pesanan tempat berlindung di tempat.

Kekayaan Bezos telah meningkat hampir USD 86 miliar hanya dalam waktu kurang dari 12 bulan. Kekayaannya mencapai USD 114 miliar dalam daftar Forbes 400 orang terkaya Amerika tahun 2019, yang menggunakan harga saham dari awal September 2019.

Bezos pasti sudah melampaui angka USD 200 miliar seandainya dia tidak melalui perceraian termahal dalam sejarah. Pada Juli 2019, Bezos mengakhiri pernikahannya selama 25 tahun dan mentransfer seperempat saham Amazonnya kepada mantan istrinya, MacKenzie Scott, yang saat ini memiliki sekitar 3,8 persen saham perusahaan.

Tidak seperti Bezos, Scott menandatangani The Giving Pledge pada 2019 dan berjanji untuk memberikan lebih dari setengah kekayaannya. Bulan lalu, dia mengumumkan bahwa dia telah menyumbangkan hampir USD 1,7 miliar kepada 116 organisasi nirlaba yang bergulat dengan masalah seperti kesetaraan ras dan gender, mobilitas ekonomi, dan kesehatan masyarakat.

Sementara dia telah berjanji untuk menyumbang sampai brankasnya kosong, kekayaan bersihnya telah tumbuh lebih dari USD 25 miliar sejak daftar Forbes 400 2019. Dia saat ini memiliki kekayaan USD 63,4 miliar.

Menurut penelitian Forbes, Bezos telah menyumbangkan sekitar USD 360 juta untuk amal. Pada 2018, Bezos Day One Fund-nya menyumbangkan USD 97,5 juta kepada dua lusin organisasi yang membantu keluarga tunawisma.

Pada 14 Agustus, dokumen yang diajukan ke Securities Exchange Commission menunjukkan bahwa Bezos memberikan 2.941 saham Amazon, senilai USD 9,3 juta pada saat itu, kepada organisasi nirlaba yang dirahasiakan. sumber: merdeka.com/azz
Previous Post Next Post