Sulap Sampah Organik Jadi Pupuk Kompos Keratif Kodim 0319/Mentawai



N3, Mentawai - Kodim 0319/Mentawai mengelolah sampah dari sisa pemotongan pepohonan dan rumput menjadi pupuk kompos dengan menggunakan sistem fermentasi/pembusukan.

Dandim 0319/Mentawai letkol Czi Bagus Mardyanto, ST mengatakan pembuatan pupuk kompos ini tidak terlalu sulit, kita hanya perlu mempelajari langkah langkahnya saja.

Bahan yang digunakan juga mudah didapat, semua sudah tersedia di sekitar lingkungan kita, dapat juga menggunakan limbah pertanian dan limbah rumah tangga seperti sampah daun, potongan rumput, sekam padi dan lain sebagainya. Senin (13/07/2020).

Selain sampah organik juga ditambahkan gula aren yang dilarutkan dengan air secukupnya. 

Untuk mempercepat pembusukan gunakan cairan yang berisi campuran dari beberapa mikroorganisme hidup, seperti cairan EM4 dan sejenisnya, kemudian campur dengan larutan gula dan tambahkan air sesuai kebutuhan, jelas Dandim

Dengan menggunakan pupuk kompos organik sangat membantu meningkatkan unsur hara pada tanah, sehingga tanah akan menjadi lebih subur. 

Kita tidak harus membeli pupuk terlalu mahal kalau kita sudah bisa mengelola/membuat pupuk sendiri, sehingga dapat meminimalisasi anggaran untuk pengelolahan pertanian.

Melihat masih banyak lokasi yang belum dikelola diwilayah Mentawai dan menjadi lahan tidur, Dandim berharap agar masyarakat lebih produktif terutama disektor pertanian, sehingga dapat mencukupi kebutuhan ketahanan pangan khususnya di wilayah mentawai dan tidak harus mengirim dari luar daerah Pungkasnya. (Lumbanraja)
Previous Post Next Post