Khilafah Solusi, Bukan Ancaman Di tengah Pandemi

Oleh : Chanifatul Maghfiroh

Dunia masih berguncang. Sebagaimana yang saat ini tengah dirasakan oleh berbagai negara-negara akibat pandemi Covid-19, dunia sedang menghadapi krisis yang begitu besar.

Akibat dari corona virus yang sudah menyebar diberbagai belahan dunia, yang dalam kurun waktu hampir 6 bulan ini masih belum mendapat jalan yang tepat untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang sudah berdampak pada kesehatan, ekonomi, dan politik.

(Dilansir dari https://republika.co.id/berita/q9fbw7370/ini-tantangan-dunia-atasi-covid19)
"Adrian menjelaskan, krisis ekonomi 2020 memiliki tiga dimensi besar yakni wabah Covid-19, kebijakan sosio-politik untuk menekan penyebaran Covid-19 melalui social distancing dan phisical distancing, serta pengaruh negatif bagi perekonomian dunia. Ketiga kombinasi tersebut saling berhubungan satu sama lain. "

Diberbagai negara telah berupaya untuk segera mengatasi masalah krisis yang terjadi akibat pandemi ini, namun negara-negara tersebut termasuk Indonesia telah gagal mengatasi masalah ini.

"Adrian memaparkan, tingkat pengaruh ekonomi ditentukan oleh bagaimana kebijakan sosial distancing maupun phisical distancing akan dilakukan dan berapa lama durasinya. Sementara kebijakan social distancing akan ditentukan oleh kemampuan negara-negara di dunia untuk  Covid-19." (Sumber https://republika.co.id/berita/q9fbw7370/ini-tantangan-dunia-atasi-covid19)

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini telah meluluh lantakkan tatanan dunia. Pengaruh nyata terhadap kesehatan, ekonomi, dan politik yang bersandar dibawah kepemimpinan kapitalisme. Dengan pandemi Covid-19 ini pula semakin jelas ketidak berdayaan rezim mengatasi krisis yang melanda.

Solusi Alternatif

 "Solusi global diperlukan guna mengatasi krisis ekonomi  2020 yang terjadi akibat pandemi Covid-19," kata Adrian dalam diskusi virtual bertajuk 'Mendulang Profit dari Saham-Saham BUMN Pasca Covid-19', di Jakarta, Ahad (26/4)." (Kutipan https://republika.co.id/berita/q9fbw7370/ini-tantangan-dunia-atasi-covid19)

Dalam kondisi krisis ini satu-satunya pilihan untuk mengatasinya adalah dengan solusi alternatif yang bersumber dari sistem Ilahi. Yaitu ditegakannya sistem Khilafah yang akan menjadi jalan keluar terbaik untuk semua masalah yang sedang dihadapi dimasa krisis besar akibat pandemi Covid-19. Dengan Khilafah masalah sistem ekonomi, kesehatan, politik, dll. Dapat diselesaikan dengan berdasarkan hukum syari'ah .
Sistem inilah yang akan membawa rahmat dan kesejahteraan bagi dunia. 

Sebagai seorang muslim memperjuangkan tegaknya khilafah adalah jalan menjemput pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Respon Negatif Rezim 

  (Dilansir dari https://harakatuna.com/khilafah-bukan-solusi-corona.html)
 Sistem kapitalis memang sangat bertentangan dengan sistem Islam. Karena sistem kapitalis lahir dari prinsip sekularisme yakni pemisahkan agama dari kehidupan.
Sedangkan Islam segala sesuatu harus berdasarkan hukum syara' yang berasal dari Al-qur'an dan Sunah.

Karena semakin sadar dan semakin pahamnya umat tentang Islam dan sistem kepemimpinan khilafah maka akan membuat para rezim ini kehilangan kekuasaannya.

Wallahu a'lam bishawab.
Previous Post Next Post