PREDIKSI HILANGNYA COVID-19 DARI INDONESIA

By : Mega Salindri Ravyola

Terkait dengan hasil penelitian yang memberikan harapan bahwa penyebaran virus ini akan segera berakhir sebelum akhir tahun ini. Dimana menyebutkan 97% kasus di Indonesia akan selesai pada 6 Juni 2020 nanti. Sedangkan 100% kasus diperkirakan akan selesai pada 1 September 2020.(Dikutip www.cnbcindonesia.com, 2/5/2020)

Meskipun begitu masyarakat tidak bisa menyepelekan kasus Covid-19 ini karena secara total, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (26/3/2020). Berdasarkan data hingga 1 Mei 2020, RI mencatat ada 10.551 kasus corona. Sebanyak 1.591 pasien sembuh dan 800 meninggal. Maka masyarakat perlu tetap waspada karena selama masih ada sumber penularan dan masih ada orang yang rentan maka potensi wabah selalu ada, apalagi belum ada vaksin yang efektif untuk Covid-19 ini.

Peran pemerintah untuk memahamkan masyarakat tentang Covid-19 ini ialah bagaimana mencegahnya, dan sebagainya melalui edukasi masyarakat yang intensif dan menyeluruh hingga ke seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan. Sebab, kasus ini sendiri di Indonesia tidak kunjung menurun. Tetapi opini terkait hasil penelitian tersebut membuat masyarakat mengabaikan fakta yang ada. 

Hal ini yang harus diwaspadai untuk kedepannya, agar tidak muncul problem baru yakni peremehan terhadap tingkat bahaya covid-19. Asumsi lain, vaksin ditemukan pertengahan tahun depan jika kecepatan penelitian laboratorium sama seperti yang sekarang terjadi. 

Tidak pula lahir mutasi baru virus corona yang menyerang. Sekali lagi ini merupakan asumsi, untuk kebenarannya-pun belum ada bukti konkrit akan hal ini.  Walaupun beberapa lembaga penelitian tengah berlomba untuk menemukan vaksin untuk virus Covid-19 ini.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan WHO seperti social distancing, physical distancing, penggunaan masker, mencuci tangan dan lain sebagainya. Sehingga tidak memperparah rantai penyebaran virus Covid-19 ini.

Karena pada dasarnya sebuah prediksi seperti ini merupakan sesuatu yang tidak pasti. Jangan sampai masyarakat terlalu optimis terhadap prediksi tersebut sehingga terjadi pelonggaran disiplin dan kontrol masyarakat terhadap perputaran virus.

Post a Comment

Previous Post Next Post