"Selasanan' Ajang Kreativitas Berbagai Komunitas



Pati - Seni Lapak Sak Anane ( Selasanan ) yang diadakan di Gedung Juang 45 Pati tiap hari Selasa Malam yang difasilitasi Kodim 0718/Pati kali ini nampak berbeda. Selain menampilkan komunitas musik 5PM juga diramaikan Rumah Lintas Komunitas Seni Nagallery Art yang bergerak dalam seni memanfaatkan limbah barang bekas dan biji bijian untuk dibuat sebuah karya seni. Selasa (04/03/2020).

Gedung Juang yang disiapkan oleh Kodim 0718/Pati selain untuk wisata kuliner juga memang diperuntukkan komunitas di Pati untuk menunjukkan eksistansinya. Untuk itu setiap hari Selasa ditampilkan komunitas untuk meramaikan Gedung Juang dengan bentuk acara "Seni Lapak Sak Anane" (Selasanan). Kali ini komunitas musik menampilkan 5PM yang menampilkan lagu lagu dengan iringan akustik. Dengan berkolaborasi dengan Nagallery Art yang menampilkan hasil karyanya yang berbentuk lukisan mozaik dari biji bijian serta dari barang limbah.



Ratna Septi Anggrahenie selaku penanggung jawab dari Nagallery Art mengatakan seni ini sebetulnya sudah ada dari nenek moyang kita sehingga selain memanfaatkan barang bekas juga menjaga seni yang sudah ada sejak lama.
"Seni memang banyak ragamnya, kami memanfaatkan barang bekas dan biji bijian untuk dibuat menjadi sebuah karya seni. Kami juga mengajak kepada masyarakat untuk mengurangi limbah sampah," Ungkapnya.

Limbah sampah kalau bisa dimanfaatkan dengan baik dapat menghasilkan produk yang bermanfaat pula untuk menambah penghasilan.
"Kami memanfaatkan sampah plastik, bekas botol minuman, kaleng bekas bahkan tempurung kelapa untuk dibuat sebuah karya seni," Imbuhnya.

Rumah Lintas Komunitas Seni Nagallery Art dengan motto edukasi sampah menjadi berkah menjadi salah satu komunitas yang mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah. Dengan edukasi ini diharapkan agar masyarakat semakin sadar akan arti pentingnya kesehatan terutama mengurangi sampah. (m@s)

Post a Comment

Previous Post Next Post