Seriuskah Pemerintah Atasi Corona ?

By : Fatya A L 
(Mahasiswa Kedokteran SumSel)

Merebaknya virus corona yang berasal dari China lambat laun menyebar luas menjadi wabah sampai negeri-negeri orang. Tetangga Indonesia, seperti Thailand, Vietnam, Kamboja, Singapore, dan Malaysia merupakan negara yang telah terpapar virus corona.

Anggota Komisi I DPR,Fadli Zon,mengkritisi sikap pemerintah menangani isu Corona. Ia menilai pemerintah cenderung lamban dalam menyusun kebijakan mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona.

Selain itu, pemerintah juga belum memberikan peringatan perjalanan bagi WNI yang akan ingin bepergian ke China. Peringatan hanya diberikan khusus bagi mereka yang hendak mengunjungi Provinsi Hubei saja, terutama kota Wuhan.  Pemerintah juga belum mengeluarkan kebijakan apapun untuk membatasi mobilitas warga negara China ke Indonesia, sehingga warga negara China masih bisa bebas masuk ke Indonesia.

Corona virus adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan, seperti mulut, sinus, tenggorokan. Virus ini biasa ditemui di kelelawar, kucing, unta dan hewan ternak. Perlu diketahui, penyebaran virus corona melalui kontak langsung saat berbicara antar manusia (6 kaku), ataupun bersin, atau bisa juga melalui kontak manusia dan hewan, ketika menyentuh hewan yang terdapat virus tersebut, manusia tidak mencuci tangannya tetapi menyentuh mulut atau hidungnya, sehingga virus corona masuk ke tubuh dan menjadi penyakit.

Hal ini menyebabkan mudahnya penularan virus corona ke seluruh manusia. Penting diperhatikan bahwa memutus rantai penularan harus dilakukan, pemerintah haruslah menjadi pelopor penuntasan virus corona.

Penyebaran virus corona pertama kali dilaporkan ke WHO pada tanggal 31 Desember 2019.  Sampai saat ini, total terdapat 2.794 kasus virus corona yang terkonfirmasi. Dari jumlah tersebut sementara ini, jumlah korban meninggal hanya ditemukan di China. Kemudian penyebaran terus meluas keluar negeri China.

Melihat hal demikian, pemerintah belum membuat kebijakan untuk mencegah penyakit tersebut, turus China pun masih di perbolehkan masuk ke Indonesia hingga pada awal februari melalui rapat gabungan memutuskan menghentikan untuk sementara semua penerbangan langsung dari dan ke China mulai Rabu (05/02) pukul 00.00 WIB, karena terjadi korbaan meninggal akibat virus corona di Filipina.

Hal ini merupakan kebijakan yang lamban, ketika negara lain telah melakukan evakuasi warga negaranya dan penutupan jalur penerbangan dari dan ke China dan pemerintah baru melakukannya

Kasus wabah virus corona bukanlah hal yang sepele, penyebarannnya pun sangat mudah. Dalam menuntaskan kasus demikian, islam melakukan langkap cepat, dikisahkan ketika masa Rasulullah, merebaknya penyakit kusta dan tidak ada obatnya. Rasulullah melarang umatnya mendekati orang-orang yang menderita kusta dan kemudian melakukan isolasi terhadap penderita agar penyakit tidak menyebar luas.

Rasulullah bersabda, “Jika kalian mendengar tentang wabah-wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu tempat kalian berada, maka janganlah kelian meninggalkan tempat itu,”(Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Tidak hanya melakukan isolasi bagi penderita, pengunjung yang akan melakukan perjalanan dilarang untuk datang ke tempat yang mengalami wabah tersebut. Kemudian, islam juga memerintahkan umatnya memakan makanan yang halal, senantiasa mensucikan diri, menutup mulut dan hidung ketika batuk, bersih maupun menguap. Hal ini merupakan bentuk pencegahan terhadap penyakit.

Islam tidak hanya mengajarkan agama, tetapi juga menyelesaikan persoalan kehidupan umatnya. Demikianlah, cara islam melakukan penanganan preventif dan kuratif pada wabah penyakit

Post a Comment

Previous Post Next Post