Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah Untuk Mengurangi Banjir




Pati- Sampah yang menumpuk di aliiran sungai Desa Sugiharjo tepatnya di Dukuh Gilis Kecamatan Pati sering menjadi biang keladi terjadinya banjir  yang menyebabkan tanaman padi serta sebagian pemukiman menjadi tergenang. Sampah yang didominasi batang serta ranting pohon-pohon yang terbawa di aliran sungai dari hulu sungai sering membuat resah warga Dukuh Gilis, tak jarang pada tahun kemarin mereka harus merugi karena tanaman padi serta pemukiman juga tergenang diakibatkan oleh banyaknya sampah yang menumpuk sehingga air luber serta meluap ke daerah sekitar aliran sungai.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali,  sekitar 90 orang relawan yang berasal dari gabungan TNI Koramil 01/Pati, Anggota Polsek Pati, Perangkat Desa Sugiharjo, Komunitas Jeep Pati, Anggota DPU Pati, dan masyarakat Dkuh Gilis Desa Sugiharjo bergotong royong membersihkan serta mengangkat sampah yang menyumbat aliran sungai tersebut. Sabtu, 04/01/2020.

Dengan menggunakan alat seadanya, pelan tapi pasti, para relawan gabungan dari berbagai unsur ini berhasil mengangkat sampah sebanyak satu unit truk yang diangkut menggunakan kendaraan milik DPU Kabupaten Pati. Tidak tanggung-tanggung, Danramil 01/Pati Kapten Inf Yahudi, S.Sos dan Kapolsek Pati Iptu Sahlan memimpin langsung dan ikut terjun kesungai.


Dalam kesempatan tersebut Kapten Yahoo, panggilan akrab Kapten Inf Yahudi, S.Sos selaku yang tertua dilapangan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu sinergitas yang sudah berjalan baik di wilayah Kecamatan Pati dalam penanggulangan bencana antara TNI, Polri, Instansi terkait, Komunitas dan warga Masyarakat.
"Komunikasi serta Koordinasi yang sudah baik disemua sektor akan mempermudah serta mempercepat tindakan dilapangan, sampah yang menumpuk di aliran sungai seperti di sungai Dukuh Gilis ini kerap terjadi, apalagi kalau baru masuk musim  hujan, pasti ranting pohon, bahkan pohon besarpun turut terbawa aliran sungai dari arah Hulu," Ungkap Kapten Yahoo.

Berkat kerjasama yang solid dalam waktu sekitar tiga jam sampah dapat terangkat sehingga aliran sungai manjadi lancar. Untuk itu dihimbau segenap masyarakat hindari membuang sampah di sungai apalagi dalam musim penghujan ini untuk menghindari meluapnya aliran sungai yang dapat berakibat banjir. (m@s)

Post a Comment

Previous Post Next Post